Pendidikan Islam di Era Post-Truth: Tantangan Dan Strategi Literasi Media Bagi Generasi Muda

Authors

  • Ardina Rasiani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Erna Wilis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Urai Setiawarni Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.947

Abstract

Era post-truth yang ditandai dengan maraknya disinformasi dan dominasi emosi atas fakta telah menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan, termasuk Pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan serta merumuskan strategi literasi media dalam Pendidikan Islam bagi generasi muda di era post-truth. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan yang dianalisis secara deskriptif-analitis. Data diperoleh dari berbagai literatur ilmiah, artikel jurnal, dan dokumen relevan yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi muda Muslim rentan terhadap paparan informasi yang tidak valid, yang dapat mengaburkan nilai-nilai keislaman dan memperlemah pemahaman agama. Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis, menyaring informasi, dan membangun kesadaran etis dalam bermedia. Strategi literasi media berbasis nilai Islam seperti tabayyun, amar ma’ruf nahi munkar, dan akhlak digital menjadi kunci dalam memperkuat ketahanan informasi generasi muda. Kesimpulannya, penguatan literasi media dalam Pendidikan Islam adalah kebutuhan mendesak untuk menjawab tantangan era post-truth secara komprehensif

References

Adzfar, Z., & Chair, B. M. (2021). Kebenaran di Era Post-Truth dan Dampaknya bagi Keilmuan Akidah. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan Kebenaran Di Era Post-Truth Dan Dampaknya Bagi Keilmuan Akidah, 9(2), 165–182. https://doi.org/10.21043/fikrah.v8i1.12596

Arifin, N. F., & Fuad, A. J. (2020). Dampak Post-Truth di Media Sosial. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(3), 376–378. https://doi.org/10.33367/ji.v10i3.1430

Dewi, Unde, A. A., & Hasan, A. (2024). Analisis pengaruh post truth terhadap generasi Z dalam berkomunikasi. Indonesia Berdaya, 5(3), 1027–1032.

Fatmawati, E. (2019). Challenges of Information Literacy for Young Generations in the Post-Truth Era. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 28(2), 57–66. https://doi.org/10.21082/jpp.v28n2.2019.p57

Fikri, L. H. (2023). Pendidikan Agama Islam dan literasi Media Sosial dalam Menghadapi Era Informasi Bagi Generasi Muda Indonesia. 03(03), 104–111. https://doi.org/10.57060/jers.v3i03.123

Muhammad Naziful Haq. (2022). Anatomi dan Literasi Post-Truth. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 2(2), 99–114. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v2i2.1359

Nasaruddin, N., & Safrudin, M. (2023). Membentuk Identitas Islami di Tengah Tantangan Era Milenial; Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran …, 1(16), 105–116. http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/view/3799%0Ahttp://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/download/3799/2683

Ressa, Y. P. (2021). Kebenaran dan Media Sosial di Era Post-Truth dalam Perspektif Post-Truth Mcintyre dan Linguistik Kultural George A. Lindbeck. Jurnal Teologi Kontekstual Oikumenis, 1(2), 43–58.

Sukarman. (2019). Rekonstruksi Peran Guru Pendidikan Islam Di Era Posttruth. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 7(1), 103–121. https://doi.org/10.31942/pgrs.v7i1.2726

Fajriana, A. W., Aliyah, M. A., Exciting, P., & Learning, M. (2019). Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu. 2, 246–265

Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media Dan. Jpii, 2, 65–77.

Alfinnas, S. (2018). Arah Baru Pendidikan Islam di Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 803–817. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3186

Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP, 181–192.

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284

Sulistyo, A., Suyadi, S., & Wantini, W. (2021). Problematika Pembelajaran Ilmu Faraidh di Tingkat SLTA serta Alternatif Solusinya. Cahaya Pendidikan, 7(1), 25–36.

Priyanto, A. (2020). Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 80–89. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9072

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Ardina Rasiani, Herlini Puspika Sari, Erna Wilis, & Urai Setiawarni. (2025). Pendidikan Islam di Era Post-Truth: Tantangan Dan Strategi Literasi Media Bagi Generasi Muda. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 381–390. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.947

Issue

Section

Articles