Peran Media Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Ahmad Afandi Hasan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nandika Dwi Pratama Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.942

Abstract

Media sosial telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), media sosial memiliki peran penting sebagai sarana penyampaian materi, diskusi, serta peningkatan interaksi antara guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam pembelajaran PAI serta dampaknya terhadap pemahaman dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dimana seluruh data diambil melalui buku, artikel ilmiah dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat meningkatkan aksesibilitas terhadap sumber belajar, memperkaya metode pengajaran, dan memberikan ruang diskusi yang lebih luas bagi siswa. Namun, terdapat tantangan seperti distraksi dan penyalahgunaan media sosial yang perlu dikelola dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang efektif dalam memanfaatkan media sosial agar dapat mendukung pembelajaran PAI secara optimal.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1).

Alamin, M., & Missouri, L. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 8(2).

Alamin, Z., & Missouri, R. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Agama Islam Di Era Digital. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 7(1).

Fauzi, A., & Hidayat, R. (2020). WhatsApp sebagai Media Pembelajaran PAI: Analisis Partisipasi Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 5(1).

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Jakarta: Kencana.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Putra, B. A., & Sari, L. M. (2021). Peran Media Sosial dalam Membangun Diskusi Keagamaan di Kalangan Pelajar. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 6(3).

Rahmah, S., Lestari, D., & Azis, F. (2019). Pemanfaatan Instagram dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa SMA. Jurnal Komunikasi dan Dakwah, 4(2),

Triastuti, E., Endah, A., & Adrianto, Y. (2017). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Triastuti, E., Haryanto, T., & Ramadhani, D. (2017). Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Proses Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 12(1).

Triastuti., Endah., Adrianto, D., and D. A. N. (2017), Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak Dan Remaja. Sari, S. I. M. (2021) Peran Media Sosial Dalam Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti Pada Era Covid-19 Di Smp Negeri 2 Kembaran Kabupaten Banyumas, IAIN Purwokerto.

Ulfa Sholekhah. (2024). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media bagi Pelajar. UNUHA.

Downloads

Published

2025-04-19

How to Cite

Ahmad Afandi Hasan, Nandika Dwi Pratama, & Herlini Puspika Sari. (2025). Peran Media Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 278–284. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.942

Issue

Section

Articles