Humanisasi Pendidikan Islam: Rekonstruksi Konsep Guru dan Murid Berdasarkan Pemikiran Tokoh Humanis Muslim

Authors

  • Indriayu Ramadhani Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Samarotul Silmi Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Gilang Irhamsyah Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2540

Keywords:

Pendidikan Islam, Humanisme, Guru Humanis, Murid Otonom

Abstract

Pendidikan Islam kontemporer menghadapi krisis dehumanisasi akibat dominasi model pengajaran yang kognitif-reduksionistik dan otoriter. Penelitian ini bertujuan merekonstruksi konsep guru dan murid dalam perspektif humanisme Islam. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan analisis konten filosofis terhadap pemikiran Al-Ghazali, Rumi, dan Ibnu Khaldun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru seharusnya berperan sebagai murabbi al-ruh dan sahabat dialogis (murshid) yang membimbing dengan cinta dan keteladanan moral, bukan sekadar penyampai materi. Murid diposisikan sebagai salik (penempuh jalan) yang aktif, otonom, dan berorientasi pada pencarian makna serta kontribusi sosial. Rekonstruksi ini juga menuntut reformasi kurikulum berbasis nilai humanistik, metode pembelajaran dialogis-partisipatif, serta evaluasi yang menekankan pertumbuhan karakter dan otonomi berpikir. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam perlu dibangun di atas paradigma humanis-holistik agar mampu membebaskan, memanusiakan, dan memberdayakan peserta didik secara utuh

References

Abdurrahman, Jampel, dkk. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1)

Abu Hamid Al-Ghazali. (2004). Ihya' Ulumudin. Kairo: Darul Hadits.

Al-Hafiz, Abul Layth. (2007). Tasawwuf wa al-Tarbiyah al-Akhlaqiyah. Kairo: Dar al-Salam

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Islam and Secularism. 1993. Kuala Lumpur: ISTAC

Abu Hamid Al-Ghazali. Ihya' Ulum al-Din, Jilid III. Beirut: Dar al-Ma'rifah

Endayani, Tb. (2021). First Language Acquisition: Learning or Spontant. Islam Universalia International Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 3(1).

Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Global. Jakarta: Prenada Mediafauzan

Fauzan Nur Fahmi. (2025). Holistic Education in the Perspective of Ibn Khaldun: The Relevance.

Hendra Iriyanto. (2024). Pemikiran Pendidikan Cinta Perspektif Jalaluddin Rumi. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1)

Fu'ad Al-Ahwani. (1978). Ahmad. Al-Tarbiyah fi al-Islam. Kairo: Dar al-Ma'arif

Samsul, Nizar. (2023). Krisis Epistemologis Pendidikan Islam: Akar Dehumanisasi. Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2

Madhar. (2024). Tasawuf as a Pedagogical Foundation: Implementing Spiritual. 5, no. 1

Masduki Duryat, H. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Institusi Yang Bermutu Dan Berdaya Saing. Bandung:Alfabeta..

Mohammed Abed, Al-Jabiri. 2012. Kritik Atas Nalar Arab. Yogyakarta: LKiS

Nahrowi, Moh. (2018). Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Ibnu Khaldun. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 9(2).

Nurcholish Madjid. 1999. Islam Kemodernan dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan

Rahmat. (2017).Strategi Pengembangan Ilmu. Al-Adabiyah:Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7 no. 1

Hujjat Al-Islam. (2001). The Jewels of the Qur'an. London: Kegan Paul

Roqib, Moh. (2011). Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Agama di Sekolah. Yogyakarta: LKIS.

Kuntowijoyo. (1998). Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan

Zarkasyi. (2018). Epistimologi dalam Filsafat Islam. Jurnal Mudarrisuna, 9. No. 2

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Indriayu Ramadhani, Samarotul Silmi, Herlini Puspika Sari, & Gilang Irhamsyah. (2025). Humanisasi Pendidikan Islam: Rekonstruksi Konsep Guru dan Murid Berdasarkan Pemikiran Tokoh Humanis Muslim. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 1112–1121. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2540

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)