Peran Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Kesetaraan Gender
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.943Abstract
Islam menegaskan pentingnya pendidikan bagi semua individu tanpa diskriminasi gender, sebagaimana tercantum dalam Al-Qur’an dan Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran pendidikan islam dalam mewujudkan kesetaraan gender. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi pada artikel ilmiah, buku dan proseding, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan memiliki hak yang sama dalam menuntut ilmu, namun masih terdapat hambatan dalam implementasinya, seperti bias interpretasi agama dan faktor sosial-ekonomi. Pendidikan Islam berperan penting dalam mewujudkan kesetaraan gender dengan mengintegrasikan nilai-nilai inklusif dalam kurikulum dan metode pengajaran. Oleh karena itu, diperlukan revisi kebijakan dan penghapusan bias gender agar pendidikan Islam dapat menjadi alat untuk membangun masyarakat yang lebih adil dan inklusif
References
Fatmawati. (2024). Konsep Gender dalam Persfektif Islam. Jurnal Islamic Law: Jurnal Siyasah. (9).(2).
Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.
Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.
Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100.
Ilfa Harfiatul Haq. (2019). Kesetaraan Gender dalam Persfektif Islam. Jurnal TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman. (5).(1).
Jumadiah. dkk. (2024). Kodrat Perempuan dan Kesetaraan Gender Dalam Konsep Islam. Jurnal Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. (1).(12).
Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.
Nurul Chuirun Nisa. (2019). Konsep Kesetaraan Gender Dalam Pendidikam Islam Dan Implementasinya Di Pusat Studi Gender Dan Anak (PSGA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27
Rohmatul Izzad. (2018). Konsep Kesetaraan Gender dalam Islam. Jurnal Al-Itqan. (4).(2)
Yusuf. (2023). Pendidikan Kesetaraan Gender Dalam Islam Dari Perspektif KH Husein Muhammad. Jurnal Yudharta. (1).(1).
Zainal Abidin. (2015). Kesetaraan Gender dan Emansipasi Perempuan Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawiyah. (12).(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novita Dyah Islamiyyah, Nur Rahmadani Fitri, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.