Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Hadanah Darussalam
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1578Keywords:
Media interaktif, minat belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, SKIAbstract
Minat belajar siswa yang rendah terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan tantangan serius dalam dunia pendidikan, khususnya di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Hadanah Darussalam. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain korelasional, melibatkan 52 responden dari 260 populasi siswa kelas VII yang dipilih melalui random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket skala Likert dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran interaktif dengan minat belajar siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.556 dan nilai signifikansi 0.000. Temuan ini mengindikasikan bahwa media interaktif mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, integrasi media digital interaktif dalam pembelajaran SKI direkomendasikan sebagai strategi pedagogis yang relevan dalam menjawab tantangan modernisasi pendidikan agama Islam di era digital
References
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Panduan pembelajaran dan penilaian pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Nugroho, A. (2021). Efektivitas media interaktif terhadap hasil dan motivasi belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 115–123.
Nuraini, S. (2019). Kesulitan siswa dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 87–95.
Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the Horizon, 9(5), 1–6. https://doi.org/10.1108/10748120110424816
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Samarotul Silmi, Miftahir Rizqa, Aditya, Ainur Rafiq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.