Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Authors

  • Aridianti Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Miftahul Jannah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.529

Keywords:

Teknologi, Pendidikan, Kualitas Pendidikan

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi dalam perkembangannya tentu membawa perubahan bagi kehidupan terutama dalam dunia pendidikan yang juga akan terus menerus mengalami perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era yang penuh kemajuan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan motode tinjauan literatur (library research), dimana peneliti mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari buku, jurnal-jurnal, artikel ilmiah. Hasil penelitian ini dapat dipaparkan bahwa peran teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan antara lain 1) menyediakan fasilitas belajar melalui proses perencanaan, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta mengevaluasikan sumber-sumber belajar; 2) menyelesaikan permasalahan belajar yang ada dan dikaji secara menyeluruh dengan memadukan beragam disiplin keilmuan secara terpadu; 3) memanfaatkan teknologi yang bisa membuat pekerjaan menjadi efektif dan efesien, baik itu sebagai produk maupun proses guna menyelesaikan permasalahan belajar; 4) memberikan alternatif penyelesain masalah kinerja organisasi pendidikan dengan terstruktur menggunakan kinerja dan desain instruksional; 5) bisa melahirkan inovasi baru dalam bidang pendidikan dan pengajaran guna memecahkan permasalahan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achyanadia, S. (2016). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Sdm. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 11–21.

Darmawan, D. (2015). Teknologi Pembelajaran (Pt. Remaja Rosdakarya (Ed.)).

Elihami, E., & Saharuddin, A. (2018). Peran Teknologi Pembelajaran Islam Dalam Organisasi Belajar. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–8.

Fajri, I., & Afriansyah, H. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia.

Jamun, Y. M. (2016). Desain Aplikasi Pembelajaran Peta Ntt Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 8(1), 144–150.

Januszewski, A. (2008). Educational Technology: A Definition With Commentary. Taylor & Francis Group.

Mukarromah, O. (2017). Peran Teknologi Pendidikan Islam Pada Era Global. An-Nidhom, 1(2), 91–106.

Munir. (2008). Teknologi Informasi Dan Informasi (Tik). Cv Alfabeta.

Nasarudin. (2024). Teknologi Pendidikan. Gitalentera.

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123-133

Samsudin, S. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Di Era Disrupsi. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 148–165.

Sudiman, A., Rahario, R., Haryono, A., & Harjito. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatan. Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Aridianti, Miftahul Jannah, & Gusmaneli. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(2), 185–192. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.529

Issue

Section

Articles