Keterampilan Dasar Mengajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Lailatul Afiyah Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Sabilar Rosyad Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Ni’matul Wafiroh Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Rosydatun Nisa’ Istibsyaroh Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.306

Abstract

Tugas utama guru pendidikan agama islam adalah penyampaian ajaran islam. Penelitian ini bertujuan untuk memahami macam-macam keterampilan dasar mengajar, tahapan pembelajaran dan mencetak guru yang berkualitas pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan litearur review dengan pendekatan kualitatif, Hasil penelitian ini ditemukan ada delapan keterampilan yang harus dimiliki guru yaitu keterampilan bertamya, memberi penguatan, menjelaskan, mengadakan variasi, mengelola kelas, mengajar kelompok kecil dan perorangan, menggunakan teknologi dan mketerampilan membuka dan menutup pembelajaran. Penelitian ini memberikan kesimpulan guru pendidikan agama islam yang berkualitas harus mempunyai delapan keterampilan dasar mengajar dan memahami tiga tahapan pendidikan agama islam. Kontribusi dari penelitian ini adalah memberikan wawasan mengenai keterampilan dan tahapan pembelajaran sehingga didapatkan hasil pembelajaran yang maksimal, hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaranpada mata pelajaran pendidikan agama islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, M., Yulistio, D., & Utomo, P. (2020). Keterampilan guru memberi penguatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X ipa di Sma Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(1), 46–53. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/8227

Altika, W., Indryani, & Hasni, U. (2023). Perkembangan dan Pembelajaran Anak Usia Dini di TK IT Al-Azka Kota Jambi. Innovative: Journal Of Social Science ResearchJ, 3(2), 13501–13513.

Amando, A. B. (2019). Keterampilan Guru PAI mengelola kelas untuk mencapai pembelajaran yang aktif. 30–32.

Arunawang, L. (2022). Ragam Ketrampilan Guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Naik Pangkat.Com.

Asip, M. (2016). Pengelolaan Kelas: Strategi dan Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas yang Bermutu dan Efektif (Issue September). https://doi.org/10.31219/osf.io/nwg6u

Elisa, E. (2023). Pengertian Keterampilan mengajar menjelaskan. https://educhannel.id/artikel/pembelajaran-mikro/membimbing-diskusi-kelompok-kecil.html

Fahroni, A. (2023). Keterampilan Mengajar Guru PAI pada Generasi Digital. 1(2), 15–24.

Fitri, S., Sundari, M., Pd, E., Sukmanasa, M., Pd, L., Novita, S., Sn, M., Pd, Y., Mulyawati, S. H., Pd, M., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2020). Keterampilan Dasar Mengajar Disusun oleh. 59.

Hasan, S., & Nurhafizah. (2023). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 47-54.

Kafi, L., & Ritonga, A. A. (2023). Keterampilan Dasar Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 576–585. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.573.

Kalleng, D. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka.

Laititia, T., & Ngazizah, N. (2021). Evaluasi Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perseorangan Mahasiswa Pgsd Semester Vi Mata Kuliah Pembelajaran Mikro 2020/2021. JuDha_PGSD: Jurnal Dharma PGSDJurnal Dharma PGSD, 1(2), 104–110.

Maslichah. (2017). Pemberian Penguatan (Reinforcement) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Di Kelas Viii Smp Al-Azhar Menganti Gresik. Jurnal Pendidikan, 2(1), 38.

Muhadir, M. (2017). Penerapan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada SMA Negeri I Tinambung di Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar. In Semantic ScholarTIC.

Muhsin Ilhaq, I. kurniawan. (2022). IRJE : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 2(2), 791–801.

Nurlaela, L. S. (2020). Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran pada kelas atas di MI Muhammadiyah ajibarang kulon, Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumaa. Purwokerto.

Nurmasyitha, N., & Hajrah, H. (2021). Apersepsi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Youtube. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 64. https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i1.19306

Prasandha, D., & Utomo, A. P. Y. (2022). Evaluasi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 48–55. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i1.55441

Rohimah, S. H. N. (2017). Implementasi keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran pendidikan Agama Islam.

Sinaga, D. (2023). Keterampilan Guru Pai Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka. Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1, 181–186. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/imamah/article/view/300

Sulastri, S.Pd, M.Sa, M. D. (2019). Kemampuan Dasar Mengajar (KDM).

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Lailatul Afiyah, Rosyad, S., Wafiroh, N., & Nisa’ Istibsyaroh, R. (2024). Keterampilan Dasar Mengajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.306

Issue

Section

Articles