Transformasi Pendidikan Tinggi Islam Tradisional Ke-modern
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.314Abstract
Transformasi pendidikan tinggi Islam dari tradisional ke modern merupakan sebuah perubahan paradigma yang penting dalam konteks pendidikan Islam global saat ini. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana pendidikan tinggi Islam beradaptasi dengan tantangan zaman, terutama dalam menghadapi revolusi teknologi dan globalisasi yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah, data dianalisis dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi pendidikan tinggi Islam dari tradisional ke modern adalah sebuah keharusan untuk memastikan relevansi dan kontribusi institusi pendidikan dalam era globalisasi. Melalui adaptasi kurikulum, metode pengajaran, pemanfaatan teknologi, perbaikan tata kelola, pengembangan sumber daya manusia, serta kolaborasi dan kemitraan, pendidikan tinggi Islam dapat mencapai kualitas yang setara dengan standar internasional. Tantangan yang ada perlu diatasi dengan strategi yang tepat agar transformasi ini dapat berjalan efektif dan berkelanjutan.
Downloads
References
Abd. Halim soebahar. 2013. Kebijakan Pendidikan Islam Dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas. Jakarta : Pt RajaGrafindo Persada
Alfi, A. M., Febriasari, A., & Azka, J. N. (2023). Transformasi pendidikan agama islam melalui teknologi. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 2(4), 511-522.
Ansori, A. S., Putri, N. A. J., & Mukarromah, N. (2024). Peran Regulasi dalam Mendorong Inovasi dan Kualitas Pelayanan Publik: Tinjauan pada Sektor Pendidikan. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 5(1), 63-70.
Arif, Rahman, et. al. 2018. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran TIK Berbasis Web Menggunakan Model Addie Untuk Siswa SMK. Surabaya. ejournal.itats.ac.id.
Azis, A. R. N. (2018). Kemitraan lembaga pelatihan dengan dunia industri (studi kasus di UPT Pelatihan Kerja Singosari, Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Diana, D., & Hakim, L. (2021). Strategi kolaborasi antara perguruan tinggi, industri dan pemerintah: tinjauan konseptual dalam upaya meningkatkan inovasi pendidikan dan kreatifitas pembelajaran di perguruan tinggi. Prosiding konferensi nasional ekonomi manajemen dan akuntansi (KNEMA), 1(1).
Duderstadt, James J. (2003). A University For The 21 st Century. The United States of America: The University of Michigan Press.
Fadlan, Achmad, Maisah Maisah, Fadlilahr Fadlilahr, and Ridwan Ridwan. 2023. “Transformasi Transformasi Pendidikan Tinggi Islam Dari Tradisional Ke Modern”. Jurnal Sains Dan Teknologi 5 (1):424-27..
Karim, M. N., & Bakar, A. (2023). Konsep Implementasi Integrasi Sains Dengan Agama (Islam) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam Di Madrasah Dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Jurnal Adzkiya, 7(1), 25-32.
Karim, M. N., & Bakar, A. (2023). Konsep Implementasi Integrasi Sains Dengan Agama (Islam) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam Di Madrasah Dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Jurnal Adzkiya, 7(1), 25-32.
Mardalis. (2004). Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal). Jakarta: Bumi Aksara.
Sembiring, T. B., Aina, M., Yuniwati, I., Mardiah, A., Rohmiyati, Y., & Utami, B. (2024). PELATIHAN INTERAKTIF: PENINGKATAN KAPASITAS DOSEN DALAM PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1715-1728.
Suti, M., Syahdi, M. Z., & Didiharyono, D. (2020). Tata Kelola Perguruan Tinggi dalam Era Teknologi Informasi dan Digitalisasi. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 3(2), 203-214.
Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Walisongo Semarang, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).
Yuliyani, A., Subuki, M., Darmadi, D., Prasna, A. D., & Furqon, A. A. (2023). Tantangan Kerja Sama Internasional Bidang Pendidikan Tinggi Islam (Studi Kasus: UIN.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lili Yun Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.