Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Al-Irsyadiyah Merangin Provinsi Jambi
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.308Abstract
Sertifikasi guru sangat penting dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sertifikasi guru dan dampaknya terhadap kinerja guru madrasah. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hal itu meremehkan guru madrasah yang sudah menjalani sertifikasi dan yang belum. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi guru memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja guru madrasah. Jika dibandingkan dengan guru yang belum menjalani sertifikasi, mereka yang telah menjalani sertifikasi cenderung menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam hal kualitas pembelajaran, efisiensi kerja, sikap kerja, produktivitas kerja, dan kemampuan komunikasi. Selain itu, temuan studi ini juga menunjukkan bahwa sertifikasi guru meningkatkan motivasi dan komitmen guru terhadap karirnya. Semua ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan pendidikan di madrasah, khususnya dalam hal peningkatan kualitas guru dan efektivitas pembelajaran. Langkah-langkah yang lebih menyeluruh diperlukan untuk mengembangkan program sertifikasi guru dan pelatihan tatap muka yang tepat untuk mendorong partisipasi guru dalam program ini. Penelitian selanjutnya juga dapat mengungkap faktor-faktor lain yang berdampak negatif terhadap hubungan antara kualitas guru dan kinerja staf madrasah.
Downloads
References
Abubakar, A. (2016). Dampak sertifikasi guru terhadap kualitas pendidikan pada madrasah aliyah di kota kendari. Al-Qalam, 21(1), 117-128.
Anwar, A., & Rahayu, S. (2018). "Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kediri." Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 56-65.
Aprilia, I., & Sobari, A. (2018). Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bogor. Fikrah: Journal Of Islamic Education, 2(1), 43-56.
Darmoko, P. D., Srifariyati, S., & Muntoha, M. (2017). Dampak Tunjangan Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru. Madaniyah, 7(1), 23-50.
Hurmaini, M. (2011). Dampak pelaksanaan sertifikasi guru terhadap peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran: Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Jambi. Media Akademika, 26(4), 499-535.
Khusnaini, M. (2015). Pengaruh Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di KKMI Tingkat Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang).
Misbah, A. (2021). "Implementasi Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Irsyadiyah Merangin." Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 120-135.
Nawawi, M. S. (2022). Pengaruh sertifikasi guru terhadap kompetensi, motivasi dan kesejahteraan guru, serta pengaruh ketiganya terhadap kinerja guru (suatu kajian studi literatur review ilmu manajemen sumber daya manusia dan manajemen keuangan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 323-336.
Nugroho, B. (2016). "Dampak Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Irsyadiyah Merangin: Studi Kasus." Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(1), 30-42.
Nursyimah, N. (2022). PENGARUH TUNJANGAN KINERJA, SERTIFIKASI GURU DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DALAM GUGUS JEUNIEB KABUPATEN BIREUEN. JURNAL KEBANGSAAN, 11(21), 21-27.
Qowaid, Q. (2015). Pengaruh sertifikasi guru terhadap peningkatan kinerja guru PAI DI SMP dan MTs. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan.
Setiawan, R., & Susilo, B. (2019). "Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan Sertifikasi Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Irsyadiyah Merangin." Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 88-98.
Sudiarti, S., Maisah, M., Nugroho, A. D., & Bakar, A. (2019). Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di Madrasah. JMiE (Journal of Management in Education), 4(2), 1-11.
Sugiyono. (2020). "Analisis Dampak Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Al-Irsyadiyah Merangin." Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 45-56.
Wahyuni, S. (2017). "Kinerja Guru Pasca-Sertifikasi di Madrasah Tsanawiyah Al-Irsyadiyah Merangin: Studi Kasus." Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 75-85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Getar Rahmi Pertiwi, Lili Yun Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.