Pengembangan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai Islam di MTs Al-Khoirot

Authors

  • Sholihah Universitas Al-Qolam Malang
  • Khoridatul Bahiyah Universitas Al-Qolam Malang
  • Sita Acetylena Universitas Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1658

Keywords:

Integrasi Nilai Islam, Pendidikan Agama Islam, Teknologi Digital

Abstract

Transformasi digital dalam pendidikan menghadirkan tantangan dan peluang baru, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menuntut keseimbangan antara inovasi teknologi dan penguatan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknologi dalam pembelajaran PAI di MTs. Al-Khoirot, mengidentifikasi integrasi nilai Islam dalam media digital, serta mengungkap tantangan dan peluang dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi telah dimanfaatkan secara efektif dalam pembelajaran PAI melalui media interaktif dan aplikasi Islami. Guru berhasil mengintegrasikan nilai-nilai aqidah, akhlak, dan ibadah dalam konten digital yang kontekstual. Meski menghadapi kendala seperti keterbatasan perangkat dan literasi digital, kolaborasi antarguru dan dukungan kelembagaan mampu mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap pengembangan kurikulum PAI yang adaptif dan berbasis nilai dalam ekosistem pendidikan digital berbasis pesantren

References

Almahasees, Z., Mohsen, K., & Amin, M. O. (2021). Faculty’s and students’ perceptions of online learning during COVID-19. Frontiers in Education, 6, 638470. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.638470

Al-Rahmi, W. M., Yahaya, N., Alturki, U., Alrobai, A., & Aljedaani, W. (2023). Understanding the influence of social media use, academic performance, and digital ethics among university students. Journal of Computing in Higher Education, 35(1), 155–177. https://doi.org/10.1007/s12528-022-09317-9

Amelia, K. N., Herliana, D. P., Agustin, F. A., & Pgri, S. (2025). Integrasi teknologi dalam pendidikan: Optimalisasi media pembelajaran berbasis teknologi untuk Generasi Z. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1, 82–95.

Amrullah, H. I., Amarta, A. N. F., Qurhahman, T., & Amali. (2024). Utilization of media and technology in learning Islamic religious education. Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research, 3(4), 583–588. https://doi.org/10.55927/modern.v3i4.10010

Darsyah, S. (2023). Problematika dan solusi integrasi pendidikan agama Islam dengan sains di madrasah. Akademika: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, 19(2), 209–219. https://doi.org/10.56633/jkp.v19i2.792

Febriyani Tue, A. L. (2024). Tantangan pendidikan karakter terhadap Gen Z sebagai digital native melalui pendekatan geografi. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 8251–8257.

Firmansyah, P. D., Fauzi, A., Barja, R., & Mulyana, A. P. (2024). Manajemen sekuriti dalam era digital untuk mengoptimalisasi perlindungan data dengan teknologi lanjutan. Jurnal Kewirausahaan dan Multi Talenta, 2(2).

Hanifah Salsabila, U., Fatimah, R. A., Indriyani, A., Dirahman, F., & Anendi, Y. (2023). Analysis of technology involvement in Islamic religious education learning. Borneo Educational Journal (Borju), 5(1), 70–77. https://doi.org/10.24903/bej.v5i1.1167

Huda, M., Arif, M., Rahim, M. M. A., & Anshari, M. (2024). Islamic religious education learning media in the technology era: A systematic literature review. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 3(2), 83–102. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v3i2.62

Huraerah, A. J. A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2023). Pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap pendidikan Indonesia. Journal of Islamic Education Policy, 8(2), 133–146.

Isma, C. N., Rahmi, R., & Jamin, H. (2022). Urgensi digitalisasi pendidikan sekolah. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129–141. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317

Khan, M. A., Vivek, S., & Liaqat, R. (2022). Integration of Islamic values in online education: Challenges and prospects. Education and Information Technologies, 27(4), 4521–4538. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10786-7

L. Griffen, N. R. (2021). Technology as a socio-historical phenomenon. Sejarah Sains dan Teknologi, 11(1), 6–9. https://doi.org/10.32703/2415-7422-2021-11-1-26-37

Lind, J., Davidsson, E., Lundström, M., & Lind, J. (2023). Primary school students’ understanding of the manifestations of technology. International Journal of Technology and Design Education, 34(3), 979–1001. https://doi.org/10.1007/s10798-023-09850-w

Mariani, M., Rofiqoh, N., & Hidayat, A. (2025). The utilization of digital technology in Islamic education learning at Qurrata A’yun Kindergarten. Fikruna: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan, 7(2), 573–584. https://doi.org/10.56489/fik.v4i2

Maskuro, V. L. (2025). Integrasi ilmu di pondok pesantren: Kajian terhadap pengalaman dalam mengintegrasikan ilmu. Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 3, 51–63.

Nasabiyah, S. N., Santika, S. P., Putri, S., Puspita, I., Umi, S., Gandhi, S. K., Hakim, S. A., & Malikah, N. (2024). Peran teknologi dan komunikasi dalam proses pembelajaran di MA Miftahul Ulum Kedungpanji. Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3).

Niswah, C., Sholihin, M., Zasvenda, M. Y., & Amirullah, E. (2025). Analisis peran lembaga pendidikan pesantren dalam membangun karakter dan ilmu pengetahuan. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 308–316.

Rohmiati, E. (2025). The use of digital media in learning Islamic religious education: Opportunities and challenges. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 14(1), 33–45. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v14i1.1952

Saeed, M., Malik, M., & Shafqat, M. (2023). Ethical implications of artificial intelligence in education from an Islamic perspective. AI & Society, 38, 1175–1187. https://doi.org/10.1007/s00146-023-01640-w

Shalehah, K. R., Ihsan, F. F., & Hibrizi, M. A. (2025). Transformasi pendidikan Islam di era digital: Rekonstruksi nilai-nilai historis dalam menyongsong masyarakat virtual. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9, 551–566.

Supandi, Subhan, M., & Khadavi, M. J. (2024). Implementasi model pembelajaran PAI berbasis nilai Islami dalam upaya meningkatkan pemahaman konseptual mahasiswa di Universitas Islam Madura. Imtiyaz: Jurnal Ilmu Keislaman, 8(1), 179–192. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v8i1.1126

Suyuti, H., Fitriyana, S., Farida, Y. E., Islam, U., & Ulama, N. (2021). Teknologi pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–73.

Tamim, R. (n.d.). Pendidikan Islam di Indonesia: Model pesantren dan madrasah. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 2, 476–493.

Zhang, W., & Lu, H. (2022). Rethinking value-laden education in digital environments: A critical review. British Journal of Educational Technology, 53(4), 1013–1030. https://doi.org/10.1111/bjet.13196

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Sholihah, Khoridatul Bahiyah, & Sita Acetylena. (2025). Pengembangan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai Islam di MTs Al-Khoirot. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 799–807. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1658

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)