Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2381Keywords:
Teknologi digital; Desain pembelajaran; Pendidikan Agama IslamAbstract
Kemajuan teknologi digital telah merevolusi dunia pendidikan, termasuk dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kini menuntut inovasi agar tetap relevan dengan dinamika zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan teknologi digital dalam pengembangan desain pembelajaran PAI dengan menyoroti manfaat, tantangan, dan strategi implementatifnya di era abad ke-21. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui studi pustaka, yang mencakup telaah terhadap buku, artikel jurnal, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan integrasi teknologi dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital seperti video interaktif, aplikasi pembelajaran daring, dan platform e-learning tidak hanya meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, tetapi juga memperkuat penguasaan nilai-nilai spiritual melalui pendekatan kontekstual dan kolaboratif. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa literasi digital dan kompetensi pedagogis guru menjadi kunci keberhasilan dalam merancang pembelajaran PAI yang inovatif, adaptif, dan tetap berlandaskan nilai-nilai Islam di tengah transformasi teknologi global
References
Alim, A. (2021). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era digital. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 123–134.
Ally, M., & Wark, N. (2020). Digital transformation in education: The role of technology in 21st century learning. Springer.
Anderson, T., & Dron, J. (2022). Online learning in the post-COVID era: Pedagogical shifts and strategies. Routledge.
Dick, W., & Carey, L. (2009). The systematic design of instruction (7th ed.). Pearson.
Hamzah, M., & Rahman, N. (2020). Strategi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui media digital. Jurnal Edukasi Islam, 8(3), 210–225.
Hidayat, T. (2020). Etika digital dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Modern, 4(2), 77–89.
Munir, M. (2021). Desain pembelajaran digital dalam konteks pendidikan Islam. Alfabeta.
Nasr, S. H. (2021). Islam and the challenge of modern science. Harvard University Press.
OECD. (2023). Digital education outlook 2023: Teaching, learning and assessment in the digital age. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/digitaledu-2023-en
Prasetyo, D., & Fitriani, L. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana dakwah dan edukasi Islam. Jurnal Komunikasi dan Dakwah, 6(2), 88–101.
Prensky, M. (2010). Teaching digital natives: Partnering for real learning. Corwin Press.
Rahmawati, S., & Fadhil, M. (2023). Inovasi pembelajaran PAI berbasis teknologi untuk generasi milenial. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 12(1), 1–15.
Rahman, A., & Fitriani, L. (2021). Literasi digital dalam pendidikan Islam: Tantangan dan peluang. Journal of Islamic Education Studies, 7(1), 33–48.
Sari, D. (2020). Pemanfaatan platform e-learning dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(1), 55–67.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syamsuddin, M. (2023). Peran kebijakan publik dalam transformasi digital pendidikan Islam. Jurnal Kebijakan Pendidikan Islam, 15(2), 112–129.
UNESCO. (2021). Digital learning and education in the 21st century. UNESCO Publishing.
Yusuf, M. (2022). Integrasi teknologi dalam desain pembelajaran PAI abad ke-21. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 5(1), 45–58.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cham Is Na Uy, NurulAfiqah, Gusmaneli Gusmaneli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.