Analisis Pembelajaran PAI pada Platform Alif Iqra Semarang Berbasis Fun Based Learning

Authors

  • Rasyailendrawi Hayyun UIN Walisongo Semarang
  • Mahmud Yunus Mustofa STIK Kendal
  • Arfian Hidayat SD Negeri Surjo 01 Batang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1308

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Alif Iqra, Pembelajaran Digital, Interaktif.

Abstract

Transformasi digital telah mengubah paradigma pembelajaran, termasuk dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), yang sebelumnya bersifat konvensional menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Pendekatan fun based learning menjadi solusi untuk menanggulangi kejenuhan siswa dalam mempelajari materi keagamaan dengan menghadirkan suasana belajar yang kontekstual dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur materi ajar dan strategi penyampaian PAI berbasis fun based learning pada platform Alif Iqra Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif-analitis, melalui teknik observasi dokumen digital dan wawancara mendalam dengan mentor aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi PAI pada Alif Iqra disusun berdasarkan tahap perkembangan anak, disampaikan melalui media audio-visual, permainan edukatif, dan teknik bercerita yang komunikatif. Proses pembelajaran tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif, tetapi juga memperkuat internalisasi nilai-nilai keislaman secara alami. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kurikulum PAI digital yang lebih adaptif, menyenangkan, dan relevan dengan karakteristik peserta didik di era teknologi.

References

Abdurraham, M. (2021). Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam humanis religius dalam menumbuhkan sikap sosial dan sikap spiritual (Studi di SD Al-Azhar Syifa Budi Jakarta). [Skripsi tidak diterbitkan].

Alif Iqra. (2025, Mei 1). Kenapa harus belajar mengaji dari dini? https://alifiqra.id/kenapa-harus-belajar-mengaji-dari-dini/

Alif Iqra. (2025, Mei Selasa). Fun learning: Metode pembelajaran untuk anak usia dini. https://alifiqra.id/fun-learning-metode-pembelajaran-untuk-anak-usia-dini/

Alif Iqra. (2025, Mei Selasa). 3 alasan mengapa Alif Iqra platform mengaji privat terbaik. https://alifiqra.id/3-alasan-mengapa-alif-iqra-platform-mengaji-privat-terbaik/

Alif Iqra. (2025, Mei Selasa). Program Alif Iqra. https://alifiqra.id/program

Ghofur, A. (2022). Peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran jarak jauh anak pada pembelajaran Al-Qur’an di Alif Iqra. [Skripsi tidak diterbitkan].

Maleong, J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Nasution, A. (2020). Pembelajaran pendidikan agama Islam yang menyenangkan. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 112–120.

Piaget, J. (n.d.). The psychology of intelligence. Routledge.

Piaget, J. (1964). Development and learning. Journal of Research in Science Teaching, 2(3), 176–186.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suyadi. (2019). Teori pembelajaran anak usia dini dalam pendidikan Islam. Prenadamedia Group.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wahyuni. (2021). Strategi guru dalam menanamkan nilai Islam kepada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 44–52.

Zuhdi, M. (2011). Pendidikan Islam di Indonesia: Sejarah dan perkembangannya. Kencana.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Rasyailendrawi Hayyun, Mahmud Yunus Mustofa, & Arfian Hidayat. (2025). Analisis Pembelajaran PAI pada Platform Alif Iqra Semarang Berbasis Fun Based Learning. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 640–646. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1308

Issue

Section

Articles