Pendidikan Inklusif Sebagai Wujud Ajaran Islam Dalam Membentuk Karakter Dan Keberagaman di Kelas
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.936Abstract
Pendidikan inklusif merupakan pendekatan yang menekankan pentingnya penerimaan terhadap keberagaman dan pemberian kesempatan belajar yang setara bagi semua peserta didik tanpa diskriminasi. Dalam konteks ajaran Islam, prinsip keadilan, kasih sayang, dan penghormatan terhadap sesama menjadi landasan yang kuat dalam mendukung implementasi pendidikan inklusif. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan inklusif sebagai perwujudan nilai-nilai Islam dalam membentuk karakter peserta didik serta menciptakan lingkungan kelas yang menghargai keberagaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui studi kepustakaan dan observasi pada institusi pendidikan inklusif berbasis Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam praktik pendidikan inklusif berkontribusi terhadap penguatan karakter seperti empati, toleransi, tanggung jawab, dan sikap saling menghargai. Guru memegang peran strategis sebagai teladan dan fasilitator dalam menanamkan nilai-nilai tersebut secara kontekstual melalui interaksi sosial di kelas. Selain itu, penerapan pendidikan inklusif mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, kolaboratif, dan berkeadilan. Dengan demikian, pendidikan inklusif yang berlandaskan ajaran Islam memiliki implikasi positif dalam membentuk karakter peserta didik serta memperkuat harmoni sosial di lingkungan kelas.
Downloads
References
Alauddin, M. (2018). Perencanaan pembelajaran kontemporer berbasis penerapan kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.
Darma, I. P. (2017). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia. Jurnal Researt dan PKM, 2(2), 226.
Efendi, M. (2008). Pengantar psikopedagogik. Jakarta: Bumi Aksara.
Harto, K. (2018). Model pengembangan pembelajaran PAI living value education (LVE). Tadris, 4(1), 14.
Ilahi, M. T. (2010). Pendidikan inklusif. Geniofom.
Ina Magdalena. (2021). Psikologi pendidikan sekolah dasar. Sukabumi: Tim CV Jejak.
Joko Yuwono, dkk. (2021). Buku saku penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah.
Nuryani, dkk. (2016). Pola komunikasi guru pada siswa anak berkebutuhan khusus di sekolah menengah kejuruan inklusi. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 165.
Parnawi, A., & Syahrani, M. (2024). Pendidikan inklusif dalam Islam untuk membangun kesetaraan dan keadilan. Arriyadhah, XXI(1).
Sukarman. (2018). Komparasi hasil prestasi belajar siswa sekolah dasar inklusi dan homeschooling. Jurnal Educative, 3(2), 192.
Uno, H. B. (2008). Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ririanti, Mahatri Awalia, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.