Peran Pendidikan Islam dalam Mempromosikan Kesetaraan Gender: Perspektif Tradisional dan Kontemporer
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.933Abstract
Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk perspektif masyarakat terhadap kesetaraan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pendidikan Islam mempromosikan kesetaraan gender melalui pendekatan tradisional dan kontemporer. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis melalui studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan tradisional dalam pendidikan Islam cenderung mempertahankan peran gender yang berbeda antara laki-laki dan perempuan, yang dipengaruhi oleh budaya patriarki. Sementara itu, pendekatan kontemporer berusaha mereformasi pemahaman keislaman melalui tafsir yang lebih kontekstual dan inklusif, menekankan bahwa Islam mendukung kesetaraan dalam pendidikan, sosial, dan kepemimpinan. Studi juga menemukan bahwa pendidikan Islam memiliki potensi besar dalam menciptakan transformasi sosial melalui kurikulum yang ramah gender, peran aktif pesantren, dan peningkatan keterlibatan perempuan dalam ruang publik. Implikasinya, pendidikan Islam diharapkan mampu menjadi alat transformatif untuk menciptakan masyarakat yang adil dan setara gender.
Downloads
References
Antasari, R. R., Isnanto, R., & Fatmawati, N. (2020). Implementasi pengarusutamaan gender dalam organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi Islam. Jurnal Gender dan Sosial.
Arifin, T. (2021). Peran kurikulum hadis dalam mendukung kesetaraan gender di Madrasah Aliyah. Jurnal Studi Islam dan Gender.
Azisah, S. (2019). Persepsi siswa terhadap peran gender di sekolah dasar Islam di Sulawesi Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Dewantara, K. H. (2018). Pendidikan sebagai alat pergerakan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasyim, S. (2019). Feminisme dan Islam: Tafsir ulang teks-teks keagamaan. Jurnal Pemikiran Islam dan Gender.
Munir, M. (2020). Pendidikan Islam dan perubahan sosial: Menelusuri peran pesantren dalam pembangunan masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Peradaban Islam.
Nasution, H. (2017). Tafsir kontekstual ayat-ayat gender dalam Al-Qur’an. Jurnal Studi Al-Qur’an.
Qodir, Z. (2018). Pendidikan Islam dan kesetaraan gender: Pendekatan hermeneutika feminis. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer.
Yusuf, A. M. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Tajul Arifin (2023). Pendidikan Islam dan Transformasi Sosial dalam Perspektif Hadis. Journal of Islamic Studies.
Rr Rina Antasari, dkk. (2024). Pengarusutamaan Gender dalam Organisasi Mahasiswa Islam. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan.
Sitti Azisah (2023). Persepsi Siswa terhadap Gender dan Peran Sosial dalam Sekolah Dasar Islam. Lentera Pendidikan.
Yuyun Yuliyanti (2023). Peran Pesantren dalam Transformasi Sosial dan Pendidikan Islam. Repository Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Budi Santoso (2024). Pendidikan Islam Berbasis Masjid sebagai Agen Perubahan Sosial. Lawwana Journal.
Lilis Sururi (2023). Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Integrasi Nilai Sosial-Kultural. Jurnal JPTAM.
Rohendi, L., & Shamsu, L. S. b. H. (2023). Gender dalam Pendidikan Islam: Perspektif Fatima Mernissi. Jurnal Iman dan Spiritualitas.
Sukandi. (2021). Gender Dalam Pendidikan Islam: Sebuah Refleksi. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam.
Farhan, F. (2023). Gender dalam Perspektif Pendidikan Islam. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam.
Rohendi, Leon & Shamsu, Lilly Suzana binti Haji. (2023). Gender dalam Pendidikan Islam: Perspektif Fatima Mernissi. Jurnal Iman dan Spiritualitas.
Imam Syafe’i, Hayyu Mashvufah, Jaenullah, & Agus Susanti. (2020). Konsep Gender dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Darma Sari Lubis, Muhammad Syafiq, Rika Lestari Hasibuan, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.