Pendidikan Islam Sebagai Benteng Moral Ditengah Tantangan Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.930Abstract
Globalisasi yang semakin meluas saat ini menuntut pendidikan Islam untuk berperan aktif dalam menjaga moralitas generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran pendidikan Islam sebagai benteng moral dalam menghadapi tantangan globalisasi, khususnya dalam menjaga nilai-nilai keislaman di tengah arus budaya dan informasi yang cepat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, di mana seluruh data dikumpulkan melalui buku dan jurnal ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan akhlak melalui pembelajaran nilai-nilai spiritual, keteladanan, serta pembiasaan ibadah di lingkungan sekolah. Di sisi lain, globalisasi juga membawa tantangan besar, seperti krisis identitas, pengaruh budaya barat, serta meningkatnya individualisme di kalangan remaja. Strategi yang disarankan meliputi integrasi nilai moral dalam kurikulum, penguatan peran guru sebagai teladan, dan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Pendidikan Islam perlu berinovasi agar mampu menjadi benteng moral yang tangguh di tengah derasnya arus globalisasi.
Downloads
References
Abdullah, Z. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Global. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 121.
Ade I. R., (2024). Pendidikan Agama Islam sebagai Solusi atas Krisis Moral dalam Masyarakat Modern. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11.
Barizi. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan A. Malik Fadjar. Jakarta: Rajawali-UIN Malang, 9.
Dwi Y. Cyrilla S. A. P., Sultania I. F., Mu’alimin. (2024). Analisis Literatur: Pendidikan Islam sebagai Pondasi Moralitas dalam Masyarakat. Jurnal Hukum, Pendidikan dan Sosial Humaniora, 298.
Firdaus, S. (2024). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Etika Sosial Dalam Masyarakat Multikultural. 1.
Indayani, M., & Hartati, S. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter dan Kepribadian. UNISAN JOURNAL: Jurnal Manajemen & Pendidikan, 16.
Juli A. N. (2016). Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi. Jurnal of Islamic Education Studies, 226.
Mahmud, R. (2022). Pendidikan Islam dalam Mengatasi Problema dan Tantangan Pembangunan Nasional. PREDIKSI: Jurnal Administrasi Dan Kebijakan, 169.
Mestika Z. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 38.
Muhammad A. M., Aidil P., Indah S., Isma Y., Safira A. P., (2024). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7173.
Rahim, Husni. (2001). Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 160.
Rahma A. W., (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1968.
Syifa S. Fatihatus S. Devia A. N. S., H.E Syarifudin. (2023). Pendidikan Islam Dalam Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 6.
Susilawati, D., Ramdhani, L. S., Hudin, J. M., Wajhillah, R., & Mutiara, E. (2022). Penerapan model MVC Pada Aplikasi Rekap Kegiatan Yayasan Pendidikan Islam Assalamah. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 111–118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alvia Zackia Syabrina, Fitri Handayani, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.