Analisis Pengaruh Filsafat Eksistensialisme Dalam Kurikulum Pendidikan Modern
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.442Abstract
Filsafat eksistensialisme menekankan kebebasan, tanggung jawab pribadi, dan keaslian, yang memainkan peran penting dalam mendefinisikan pendidikan modern. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh filsafat eksistensialis dalam kurikulum kontemporer dengan mengidentifikasi bagaimana nilai-nilai eksistensialis mempengaruhi pendekatan pendidikan, pembelajaran, dan tujuan pendidikan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai filsafat eksistensialisme dalam kurikulum pendidikan modern terbukti memberikan dampak positif, terutama dalam mengembangkan kurikulum yang lebih inklusif, personal, dan berorientasi pada pengembangan individu. Meskipun tantangan implementasi masih ada, hasil ini menunjukkan bahwa filsafat eksistensialisme dapat menjadi dasar yang kuat untuk menciptakan pendidikan yang lebih manusiawi dan adaptif. Untuk masa depan, disarankan agar penelitian lebih lanjut difokuskan pada studi kasus penerapan filsafat eksistensialisme di berbagai institusi pendidikan, serta pengembangan model kurikulum yang dapat menyeimbangkan kebebasan siswa dengan kebutuhan sistemik dalam pendidikan.
Downloads
References
Abad, Eksistensialisme D. I. 2024. “Relevansi Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat.” 15(1).
Ardiansyah, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):39–58.
Chak, Abdul, Achmadie Eppendie, Aep Saepudin, Ahmad Syarif, Dedy Irawan, Erlina Suta, Etty Zuraidah, Fajar Rijali Shodiq, Miftahul Hayati, Muhammad Suham, Mukmin Teguh, Ratu Purnamasari, Nur Achmadi, Siti Muslimah, Rusman Arifin, Titin Kartika Agustina, Yuli Sokuwati, dan M. Ali Sibram Malisi. 2020. Essai-Essai Menejemen Pendidikan Islam.
Dian, Kurniati, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):83–98.
Getar, Rahmi Pertiwi, Su’aidi, dan El Widdah Minnah. 2023. “Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):59–70.
Hasan, Syahrizal, Iskandar, dan Yamin Martinis. 2023. “Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):1–9.
Indra, Wahyuni Firli Fangestu, dan Hasan Syahrizal. 2023. “Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):26–38.
Mohamad, J., & Mamlu’atul, L. I. (2024). Pengembangan Dan Perekrutan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 16–21.
Muhasor, Ilzamudin, & Deni, I. (2024). Telaah Kritis Metode-Metode Dalam Penelitian Ilmiah. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 22–28.
Nor, H., Chairunnisa, N. A., & Eka, W. (2024). Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 29–39.
Rachma, A., & Siti, M. (2024). Adab Dalam Belajar Dan Pembelajaran; Strategi Untuk Meningkatkan Kesadaran Dan Keterampilan Siswa. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 8–15.
Septi, M., & Kholis, F. (2024). Implementasi Jum’at Rohani Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Miri Sragen. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.
Mahmuddin Siregar. 2015. “Filsafat Eksistensialisme Jean-Paul Sartre.” Yurisprudentia 01 No. 02:30–46.
Maimunah, Permata Hati Hasibuan, El Widdah Minnah, dan Su’aidi. 2023. “Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):99–108.
Marhento, Giry, Henny Suharyati, Sections Info, dan Teacher Effort. 2024. “Eksistensialisme Sebagai Dasar Analisis Dalam.” 9(1):52–60.
Mas, Sitti Roskina. 2012. “Hubungan Kompetensi Personal dan Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 2 Kota Gorontalo.” 19(14).
Muhammad, F., dan E. Fauziati. 2023. “Merdeka Belajar dalam Perspektif Eksistensialisme Jean Paul Sartre.” Jurnal Pendidikan 32(1).
Muhammad Kristiawan. 2019. Analisis Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran, UPP FKIP Univ. Bengkulu,.
Nidia, Suriani, dan Iskandar. 2023. “Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):18–25.
Paradigma, Membangun, Pendidikan Islam, Suska Riau, Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani, Memanusiakan Manusia, Onong Uchjana Effendy, Hubungan Insani, Ahmad Tafsir, Louis Leahy, Busyairi Madjidi, Konsep Kependidikan, Para Filosof, Dewan Redaksi, dan Ensiklopedi Islam. 2013. “Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, Vol. 12, No. 2, Juli - Desember, 2013.” 12(2).
Pelaksanaan, Panduan. n.d. “Pendidikan Inklusif.”
Pertiwi, Amalia Dwi, Siti Aisyah Nurfatimah, dan Syofiyah Hasna. 2022. “Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2).
Pohan, Listi Khairani, Nanda Andriani, Nurdiana Ulfah, dan Riska Arila. 2022. “Eksistensialisme dalam Pendidikan Dasar.” Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI) 4(1).
Refriana, Isna, dan Hery Noer Aly. 2023. “Landasan Filosofis Eksistensialisme dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” 05(03).
Rohmah, Lailatu. 2019. “Eksistensialisme dalam Pendidikan.” 5(1).
Saepul Malik, Amit, dan Ella Dewi Latifah. 2022. “Merdeka belajar: kajian filsafat tujuan pendidikan dan implikasinya.” Jurnal Perbankan Syariah 1(Mei):99–117.
Saidin, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):10–17.
Sari, Milya. 2020. “NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA.”
Tambunan, Sihol F. 2016. “Kebebasan individu manusia abad dua puluh: Filsafat eksistensialisme Sartre.” Jurnal Masyarakat &Budaya 18(2):215–32.
Tampubolon, Manotar. 2023. “Metode Penelitian Metode Penelitian.” Metode Penelitian Kualitatif 3(17):43.
Usman, Fahmy, Gustila Anggi Putri Dwi, M.Fadhil, dan M.Yudha. 2023. “Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):9–23.
Wulandari, Wiwin, dan Endang Fauziati. 2016. “Merdeka Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Yang Membebaskan Paulo Freire.” Jurnal Ilmiah Indonesia 7(3):1–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Attiqa Nazira, Rini Andriani, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.