Peran Pendidikan Islam dalam Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi terhadap Karakter Generasi Z

Authors

  • Khoirunnisa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Syuhadatul Husna Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rosnita Siregar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1143

Abstract

Globalisasi memberikan dampak signifikan terhadap cara pandang, perilaku, dan karakter generasi muda, khususnya Generasi Z yang tumbuh dalam era digital. Nilai-nilai keislaman seringkali tergerus oleh pengaruh budaya asing, individualisme, dan gaya hidup permisif yang menyebar melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis pendidikan Islam dalam membentuk karakter Generasi Z agar tetap berpegang pada nilai-nilai keislaman di tengah tantangan globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi pustaka, data dikumpulkan dari literatur relevan dalam sepuluh tahun terakhir dan dianalisis secara deskriptif-analitis. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki kontribusi penting dalam memperkuat karakter generasi muda melalui strategi integrasi nilai Islam dalam kurikulum, keteladanan guru, penciptaan lingkungan pendidikan yang religius, serta pemanfaatan teknologi sebagai media dakwah. Pendidikan Islam juga mendorong kesalehan sosial, literasi digital, dan identitas kultural yang kuat. untuk itu pendidikan Islam perlu melakukan transformasi adaptif yang menyeluruh agar mampu mencetak generasi tangguh secara spiritual, intelektual, dan sosial tanpa kehilangan jati diri keislamannya di era global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Imelda Frimayanti. (2015). Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Problematika Globalisasi, Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 46-60

Aisah. (2024). “Perubahan Dinamika Pendidikan Islam Dalam Konteks Globalisasi: Tinjauan Mendalam”, Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 29

Cantri Maesak. (2025) “Peran Pendidikan Islam Dalam Mengatasi Krisis Moral Generasi Z Di Era Globalisasi Digital”, Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 6

Dalmeri. (2024) "Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating For Character)", Al-Ulum, 14(1), 272

Edi Utomo & Miftahir Rizqa. (2024) “Merdeka Belajar dan Pendekatan Holistik: Pendidikan Islam yang Terintegrasi”, Instructional Development Journal, 7(1), 228

Fajar Mustika Violeta. (2024) “Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Ahmad Tafsir dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer”, Hikmah, 2(1), 60

Farah Lutfiya Salsabila, Widiyanarti, T., Ashari, S. D., Zahra, T., & Fadhilah, S. A. (2024), “Pengaruh Globalisasi terhadap Perubahan Pola Komunikasi antar Budaya pada Generasi Z”, Indonesian Culture and Religion Issues, 1(4), 2

Firmansyah. (2023). "Dampak Globalisasi dan Tantangannya Terhadap Pendidikan Islam." Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 21(1), 49

Idris & Abdul Rasyid Ridho. (2023) “Urgensi Pendidikan Menurut Al-Quran dan Hadits”, Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(3), 359

Ima Ismail. (2021). “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai karakter Peserta Didik”, Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 152

Ina Magdalena. (2023) “Evaluasi Pendidikan Karakter: Mengukur Pengembangan Moral dan Etika dalam Pendidikan”, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(3), 5

Istiliani & Suryo Ediyono. (2022). “Pengaruh Westernisasi Oleh Gen Z Terhadap Keutuhan Identitas Nasional”, Journal of Development and Social Change, 5(2), 28

Lia Dwi Utami. (2023) “Konsep Uswatun Hasanah Dalam Pendidikan Islam Pada Era Society 5.0 Perspektif Al-Quran Dan Hadis”, Jurnal Al-Murabbi, 8(2), 87

Maiwan. (2014) “Memahami Politik Globalisasi Dan Pengaruhnya Dalam Tata Dunia Baru: Antara Peluang Dan Tantangan”, Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 7(1), 2

Miftahul Ulum. (2021) “Islamic Education and Social Media Transformation in Pandemic Era: Challenges and Opportunities in Indonesia”, Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 19(1), 186

Munadhil Abdul Muqsith. (2019) “Pemuda, Globalisasi dan Perubahan Sosial”, Jurnal Buletin Hukum dan Keadilan”, 3(4), 22

Nabiilah Rosyiidah Nuur Haniifah. (2025). “Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Kesehatan Mental Gen Z Studi Kasus: Survei Anggota Gen Z Waktu yang Mereka Habiskan di Media Sosial”, Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital, 2(2), 3

Nadjematul Faizah. (2022) “Pentingnya Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah”, Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 1291

Poppy S. Winanti. (2002) “Globalisasi dan Negara Bangsa: Kompetisi Perspektif Globalis dan Skeptis dalam Studi Hubungan Internasional”, Jurnal Ketahanan Nasional, 1, 51

Rahmadi. (2011) “Pengantar Metodologi Penelitian”, (Banjarmasin: Antasari Press), 15

Sabrina Ananda Putri. (2023). “Generasi Z Dalam Upaya Peningkatan Budaya Literasi Untuk Mewujudkan Indonesia Emas”, Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar, 3, 351

Syarif Hidayat. (2024) “Studi Fenomenologi Media Sosial Dan Perilaku Konsumerisme Generasi Z”, Journal of Management Sciences, 4(3), 124

Unik Hanifah Salsabila. (2024) Transformasi Pendidikan Islam untuk Generasi Z: Peran Teknologi dalam Ruang Kelas”, Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal, 19(2), 55

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Khoirunnisa, Herlini Puspika Sari, Syuhadatul Husna, & Rosnita Siregar. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi terhadap Karakter Generasi Z. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 790–800. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1143

Issue

Section

Articles