Pengembangan Sistem Keuangan Sekolah Berbasis Teknologi Untuk Mendukung Transformasi Society 5.0

Authors

  • Adani Asri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Nur Ainun Nisa Siregar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Sovan Liza Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rully Hidayatullah Institute Agama Islam Sumatra Barat Pariaman
  • Harmonedi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.351

Abstract

Kemajuan teknologi di era Society 5.0 menuntut penyesuaian sistem keuangan sekolah untuk mendukung manajemen pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem keuangan berbasis teknologi untuk meningkatkan akurasi, transparansi, dan efisiensi pengelolaan keuangan. Metode penelitian menggunakan pendekatan SDLC (Software Development Life Cycle) dengan studi kasus di beberapa sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem berbasis teknologi ini menyediakan informasi keuangan real-time melalui cloud, otomatisasi, dan analisis data, yang meningkatkan efisiensi pengelolaan, transparansi, serta akuntabilitas tata kelola keuangan sekolah. Digitalisasi sistem ini juga memudahkan manajemen dalam pengambilan keputusan berbasis data dan pelaporan keuangan. Penelitian ini mendukung penguatan digitalisasi pendidikan di era Society 5.0.

References

Adhicandra, I. (2022). Teknologi Digital di Era Modern (D. Purnama Sari, Ed.). Global Eksekutif Teknologi.

ALFIAN FIKRI NUR, MUH. HANIF DIGITALISASI UNTUK TRANSPARANSI KEUANGAN SEKOLAH DI MTs MA’ARIF NU 1 SUMBANG Vol. 4 No. 2 Mei 2024 E-ISSN : 2797-0140

Amaliyah Khairul Haq dkk Tantangan dan Dampak Transformasi Pendidikan Berbasis Digital Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar,2(2), 168–177. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.865

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560

Hendrian, Senna, Riko, and Meryana Chandri Kustanti. 2022. “SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEUANGAN SEKOLAH BERBASIS JAVA DESKTOP SCHOOL FINANCIAL ADMINISTRATION INFORMATION SYSTEM BASED ON JAVA DESKTOP.” Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri 2(3):533–56. doi: 10.47353/bj.v2i3.131.

Heryana, N. (2023). UMKM dalam Digitalisasi Nasional (Fachrurazi, Ed.). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Irawati, E., Kusuma, D. H., & Hidayati, D. (2022). Kepemimpinan Manajerial, Motivasi Kerja terhadap Literasi Digital Guru Endah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1349–1358.

Jamun, Y. M., Ntelok,Z. R. E., & Ngalu, R. (2023). Pentingnya Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menunjang Pembelajaran Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2149–2158

Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan)

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Manggar, J., Cahyono, Y., & Ferayanti, M. (2017). Pengelolaan Keuangan Sekolah

Marwiyah, S. (2023). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Era Digitalisasi 219

Munir, M., & Su’ada, I. Z. (2024). Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital: Transformasi dan Tantangan Implementasi Teknologi Pendidikan. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 5(1), 1-13.

Nur Amelia,Agus Bahtiar Jurnal Kendali Akuntansi Vol. 1, No. 2 April 2023 e-ISSN: 2986-3244; p-ISSN:2986-4399, Hal 01-15

Nurhayati, A., Riyanto, R., & Rif’an, M. (2022). Memaksimalkan Peran Perpustakaan

Pamulasari, Mely, Herlina Ferliyanti, Hasan Basri, and Widya Apriliah. 2020. “KAS PADA SKN MOTOR KEBUMEN.” Jurnal AKRAB JUARA 5(4):262–72.

Ponorogo. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 18(1), 113-127.

Rahmah, S. (2016). Modernisasi Dayah (studi kasus di Dayah Modern Yayasan Pendidikan Arun Lhokseumawe) (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Ramayulis, & Mulyadi. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam

Sari Fadhillah Akuntansi Berbasis Cloud Pada Praktik Akuntansi Kecil dan Menengah: Adopsi dan Dampak sebagai sumber belajar di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2024Vol.13

Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas. (2020). Pelatihan E-learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 109

Susanto, Eri Sasmita, Fahri Hamdani, and Yuyun Tari. 2020. “SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEUANGAN SEKOLAH BERBASIS WEB (STUDI KASUS: SMK AL-KAHFI).” Jurnal JINTEKS 2(1).

Tahir, A. (2011). Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (H. Hadrajati, Ed.). Pustaka Indonesia Press.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Adani Asri, Nur Ainun Nisa Siregar, Sovan Liza, Rully Hidayatullah, & Harmonedi. (2024). Pengembangan Sistem Keuangan Sekolah Berbasis Teknologi Untuk Mendukung Transformasi Society 5.0. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 216–224. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.351

Issue

Section

Articles