Strategi Identifikasi Masalah Penelitian untuk Meningkatkan Mutu Karya Ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Authors

  • Fadhitya Friendly Alerin Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Zuhdi Aldhansyaf Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Hendro Hidayat Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rully Hidayatullah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Harmonedi Harmonedi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1033

Keywords:

masalah penelitian, strategi ilmiah, pendidikan Islam, PTKI, mutu karya ilmiah

Abstract

Mutu karya ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) masih menjadi perhatian, terutama karena lemahnya kemampuan dalam merumuskan masalah penelitian yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi-strategi efektif dalam menemukan dan merumuskan masalah penelitian di lingkungan PTKI guna meningkatkan kualitas karya ilmiah. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, mengkaji berbagai sumber primer dan sekunder seperti jurnal ilmiah, buku metodologi, dan dokumen kebijakan pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi seperti analisis literatur kritis, observasi empirik, dialog dengan pemangku kepentingan, dan keterlibatan dalam forum ilmiah merupakan pendekatan efektif dalam mengidentifikasi masalah yang relevan dan aktual. Penerapan strategi tersebut berkontribusi terhadap peningkatan mutu karya ilmiah, penguatan budaya riset, dan pengembangan kebijakan pendidikan Islam berbasis bukti. Implikasi dari temuan ini mendorong perlunya penguatan kapasitas akademisi PTKI dalam proses identifikasi masalah sebagai bagian penting dari peningkatan daya saing institusi di tingkat nasional dan global

References

Adom, D., Hussein, E. K., & Agyem, J. A. (2018). International Journal of Scientific Research Theoretical and Conceptual Framework. International Journal of Scientific Research, 7(1), 438–441.

Aisyah, I., & Wasis. (2015). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk melatihkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi kalor di SMAN 1 Pacet. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2), 83–87.

Akhtar, M. I. (2014b). Problem Formulation in Social Work Research. Internasional Journal of Research (IJR), 1(11), 295–302. https://doi.org/10.1177/104438945503600701

Akhtar. (2014a). Problem formulation in social science research. International Journal of Research, 1(11), 1210–1216.

Amielia, S. D., Suciati, & Maridi. (2017). Profil keterampilan argumentasi siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 163–168.

Amin, M. (2017). Sadar Berprofesi Guru Sains, Sadar Literasi : Tantangan Guru di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017 “Biologi, Pembelajaran, Dan Lingkungan Hidup Perspektif Interdisipliner,” April, 9–20.

Andrew, D. P. S., & Pedersen, P. M., &McEvoy, C. D. (2020). Research Methods And Design in Sport Management (Second Edition). Human Kinetics.

Andrew, D., Pedersen, P. M., & Mcevoy, C. (2020). Research Methods And Design In Sport Management 2nd Edition With Web Resource (Second Edi). Human Kinetics.

Andrew, Damon P. S., Pedersen, P. M., & McEvoy, C. D. (2011). Research Methods and Design in Sport Management (2nd ed.). Human Kinetics.

Andrew, Damon P.S., Pedersen, P. M., & McEvoy, C. D. (2020). Research Methods And Design in Sport Management (Second Edi). Human Kinetics.

Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica, 01(April), 25–32.

Anthon, B., Toy, I., Karwur, F. F., Langkun, J. F., & Rondonuwu, F. S. (2018). Desain Bahan Ajar Biologi Berbasis Discovery Learning Dengan Scientific Approach untuk Materi Jamur di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 67–75.

Aslan, S. (2014). Analysis of students’ written scientific argument generate and evaluation skills. Journal of Theory and Practice in Education, 10(1), 41–74.

Augustine. E. Akhidime. PhD. (2017). The Importance And Development Of Research Problem: A Didactic Discuss. International Journal of Economics, Commerce & Management. United Kingdom. Vol.V, V(8), 631–640.

Bacanli, H., Dombayci, M. A., Demir, M., & Tarhan, S. (2011). Quadruple thinking: Creative thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 12, https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.02.065 536–544.

Bardach, E. (2015). A practical guide for policy analysis. Sage Publications, Inc., 200.

Bathgate, M., Crowell, A., Schunn, C., Cannady, M., & Dorph, R. (2015). The learning benefits of being willing and able to engage in scientific argumentation. International Journal of Science Education, 37(10), 1590–1612. https://doi.org/10.1080/09500693.2015.1045958

Beers, S. Z. (2014). 21st Century Skills: Preparing Students for THEIR Future. Science Technologi Engineering Math, 93(6), 13 17.

Behrooznia, S., Hashemi, M. R., & Mahjoobi, F. M. (2014). A critical look into iranian EFL university students’ critical thinking and argumentative writing. Iranian Journal of Applied Linguistics, 17(1), 71–92.

Benjamin, T. E., Marks, B., Demetrikopoulos, M. K., Rose, J., Pollard, E., Thomas, A., & Muldrow, L. L. (2017). Development and Validation of Scientific Literacy Scale for College Preparedness in STEM with Freshmen from Diverse Institutions. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(4), 607–623. https://doi.org/10.1007/s10763 015-9710-x

Buheji, M. J. (2019). Chapter Four: Research methodology. https://doi.org/10.1515/9783110216196.111

Carin, A. A. (1997). Teaching modern science (7th ed.). Merril Publishing Company.

Carin, A. A., & Bass, J. E. (2001). Teaching science as inquiry (9th ed.). Prentice- Hall, Inc., Upper Saddle River.

Chow, & Harrison. (2002). Identifying meaningful and significant topics for research and publication: a sharing of experiences and insights by ‘influential’ accounting authors. Journal of Accounting Education, 20(3), 183–203.

Danysko, О. (2019). Blended Learning Quality As Factor of Efficiency Improvement of Future Physical Culture Teachers’ Professional Training. Aesthetics and Ethics of Pedagogical Action, 0(19), 176–189. https://doi.org/10.33989/2226- 4051.2019.19.169811

De Lima Tavares, M., Jimenez-Aleixandre, M. P., & Mortimer, E. F. (2010). Articulation of conceptual knowledge and argumentation practices by high school student in evolution problems. Science & Education, 19, 573–598.

Deane, P., & Song, Y. (2014). A case study in principled assessment design: Designing assessment to measure and support development of argumentative reading and writing skill. Psicologia Educativa, 12(2), https://doi.org/10.1016/j.pse.2014.10.001 85–99.

Demircioglu, T., & Ucar, S. (2012). The effect of argument-driven inquiry on pre-service science teachers’ attitudes and argumentation skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 5035–5039. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.382

Dewanti, S. S. (2018). Keterlaksanaan penilaian kompetensi keterampilan pada pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum 2013. Jurnal Derivat, 5(1), 59–68.

Dewi, E. R., & Ariyanto, J. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya Biologi Siswa Kelas Xi Ipa 1 Sma Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Jurnal Biologi, 3(3), 79–90.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Fadhitya Friendly Alerin, Zuhdi Aldhansyaf, Hendro Hidayat, Rully Hidayatullah, & Harmonedi, H. (2025). Strategi Identifikasi Masalah Penelitian untuk Meningkatkan Mutu Karya Ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 454–461. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1033

Issue

Section

Articles