Telaah Konsep Dasar Penelitian Pendidikan Dan Relevansinya Terhadap Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah di Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.1014Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep-konsep dasar penelitian pendidikan dan relevansinya dalam meningkatkan kualitas karya ilmiah di lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif-analitis yang mendalami literatur terkait dasar-dasar penelitian serta penerapannya dalam konteks pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman yang mendalam terhadap konsep-konsep dasar penelitian, seperti perumusan masalah, tinjauan pustaka, pemilihan metode, dan analisis data, berperan penting dalam membentuk karya ilmiah yang lebih sistematis, kritis, dan relevan dengan kebutuhan pendidikan Islam. Namun, penerapan konsep-konsep tersebut masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan akses terhadap literatur ilmiah dan kurangnya pendampingan akademik. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan strategi berkelanjutan seperti pelatihan metodologi penelitian, peningkatan akses terhadap literatur, dan penguatan budaya akademik di lembaga pendidikan Islam. Dengan demikian, penguatan konsep-konsep dasar penelitian diharapkan dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah yang berkontribusi terhadap pengembangan pengetahuan dan praktik pendidikan Islam
References
Adi. (2021). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Adnan & Latief. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.
Anwar, Saiful dkk. 2023. Konsep Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan. Jurnal Elektronik.
Aripin, A. (2024). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. Jurnal Al-Mufidz: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Duryat. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.
Elfrianto & Lesmana. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Umsu Press.
Fitriyanti & Sirozi. (2024). Perencanaan Peningkatan Mutu dan Relevansi Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP).
Hamidatul dkk. Model dan Karakteristik Pendekatan Perencanaan Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2024.
Hatta, Herman dkk. Model-Model Pelatihan dan Pengembangan SDM. (2023). Penerbit Widina.
Hermawan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Indriana, Pathul. Model Pembelajaran di Era Society 5.0 BAB. E-book. 2024.
Insight Mediatama. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan. Insight Mediatama.
Judijanto dkk. (2024). Research Design: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Khoiriyah. (2022). Manajemen Pesantren di Era Globalisasi. Airlangga UniversityPress.
Maesaroh. (2020). Perpustakaan Digital dalam Penguatan Akses Informasi.
Mahrus. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 2021.
Muslimin, Ikhwanul. Konsep dan Implementasi Kurikulum pada Lembaga Pendidikan Islam. Fajarjurnal.uij.ac.id. 2023.
Nafsaka dkk. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia.
Pratama, Aryawira & Wahyuni Fitria. (2024). Guru Menulis untuk Publikasi. Sonpedia Penerbitan Indonesia.
Riswanto dkk. (2023). Metodologi Penelitian Ilmiah: Panduan Praktis untuk Penelitian Berkualitas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Setya Mustafa, Pinton dkk. (2023). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan dan Pembelajaran. UMMPress.
Siroj dkk. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP).
Subianto, A. (2020). Kebijakan Publik: Tinjauan Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi.
Sukardi. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
Wahyu, Aditya Nugraha. (2024). Jenis-Jenis Penelitian. Researchgate.net.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lathifah Hanum, Devi Nisa Astria, Tia Imara, Rully Hidayatullah, Harmonedi Harmonedi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.