Integrasi Nilai Nilai Kepramukaan Dalam Membangun Karakter Siswa di MAN 8 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.973Abstract
Tantangan moral yang semakin kompleks di era modern menjadikan pembentukan karakter sebagai kebutuhan mendesak, terutama di kalangan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses integrasi nilai-nilai kepramukaan dalam kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler di MAN 8 Jombang serta dampaknya terhadap pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai kepramukaan seperti disiplin, tanggung jawab, kejujuran, kepedulian sosial, kemandirian, dan sikap santun telah berhasil membentuk karakter siswa secara efektif. Karakter siswa yang menonjol mencakup sikap jujur, tanggung jawab, patuh terhadap aturan, disiplin, santun, dan ramah. Pendekatan ini mampu mendorong perkembangan kepribadian siswa secara menyeluruh dan membentuk generasi muda yang siap berkontribusi secara positif di masyarakat.
References
Al-Qur' an al-Kar'im
Amrianto, (2021). Remaja vs Pendidikan. Bogor: Guepedia
Anam, Khaerul. (2020). Wawasan Kepramukaan. Bogor: Penerbit Lindan Bestari.
Arifuddin, Qadriani. (2023). Pengantar Ilmu Hukum Islam. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bafirman. (2016). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkes Jakarta: Penerbit Kencana.
Fauzi, Ahmad. dkk. (2021). Pendidikan Karakter. Sleman: Zahir Publishing.
Fidela, JJ. Asa. (2023) Mengenal Vandalisme Pada Remaja Dan Cara Mencegahnya. DI. Yogyakarta: Elementa Media.
Fikri, Sultoni. (2024). Patriotisme Modern Menghidupkan Kembali Jiwa Kebangsaan. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Guntur, Muhammad Himawan, dkk. (2023). Harmoni Integrasi Nasional dalam Kegiatan Aktifis Sosial. Jupetra: Vol. 2 No. 6.
Hamidah, dkk. (2023). Pendidikan Karakter. Batam: Penerbit Yayasan Cendekia Mandiri.
Jamal, Sirajuddin. (2023). Pelita Generasi: Pemikiran dan Pengalaman Pembina Pramuka. Bogor: Guepedia.
Karim, Abdul. (2017) Fungsi Aqidah dan Sebab-Sebab Penyimpangan dalam Aqidah. Nizhamiyah: Vol. 7 No. 1.
Makmur, Elfira. (2023). Integrasi Model DL-CTL untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Pekalongan: Penerbit NEM.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Solo: Cakra Books.
Putra, Z. & Wajdi, F. (2021). Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Malang: Ahlimedia Press.
Quraish, M. Shihab. (2020). Islam dan Kebangsaan Tauhid, Kemanusiaan, dan Kewarganegaraan. Tangerang Selatan: Penerbit Lentera Hati. 112
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Sleman: Deepublish.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Toto, R. Sugiarto, dkk. (2021). Sejarah Pramuka Dunia Seri Ensiklopedia Sejarah Pramuka. Jakarta Timur: Hikam Pustaka.
Wijaksono, Muhamad. (2021). Metode Pembelajaran Tuntas dalam Pendidikan Kepramukaan Perspektif Al-Qur'an dan Implementasinya di SMP IT Al- Husein Tigaraksa. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.
Yusnita, Eti. (2022). Nilai-Nilai Islam dalam Adat Pernikahan Masyarakat Melayu Sumatera Selatan. Depok: Raja Grafindopersada.
Yusuf, Muhammad Ardani. (2021). Pemikiran Ki Ageng Selo Tentang Pendidikan Akhlak. Jakarta: CV Graf Literasi.
Yusup, J. & Rustini, T. (2016). Panduan Wajib Pramuka Super Lengkap. Ciganjur: Bmedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iva Inayatul Ilahiyah, Putria Wahyu Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.