Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa di MAN 8 Jombang

Authors

  • Putria Wahyu Ningsih Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Iva Inayatul Ilahiyah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.898

Abstract

Integrasi nilai-nilai keislaman dalam menumbuhkan karakter religius siswa merupakan salah satu program yang diterapkan di MAN 8 Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan integrasi nilai-nilai keislaman dalam menumbuhkan karakter religius siswa di MAN 8 Jombang. Penelitian ini menggali praktik-praktik pendidikan yang diterapkan di MAN 8 Jombang dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman ke dalam kegiatan belajar mengajar dan kegiatan ekstrakurikuler. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Siswa di MAN 8 Jombang sebagian besar memiliki karakter yang cukup baik, baik dari segi agama maupun nilai-nilai moral yang sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan madrasah dan MAN 8 Jombang telah berhasil menciptakan model pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai agama. Pendekatan ini telah membentuk karakter siswa yang tidak hanya memiliki prestasi akademik yang baik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat, seperti disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian sosial yang baik pula.

References

Amrianto, (2021). Remaja vs Pendidikan. Bogor: Guepedia

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifuddin, Qadriani. (2023). Pengantar Ilmu Hukum Islam. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Dahirin dan Rusmin. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. DIRASAH Volume 7, Number 2.

Daradjat, Zakiyyah. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Diana Mufidah, et al. (2022). Integrasi Nilai-nilai Islami dan Penguatan Pendidikan Karakter. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.

Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.

Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.

Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100

Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.

Muhammad Azmi. (2006). Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra-Sekolah: Upaya Mengefektifkan Nilainilai Pendidikan Islam dalam Keluarga. Yogyakarta: Belukar.

Mohammad Daud Ali. (2010). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Sleman: Deepublish.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Karim, Abdul. (2017) Fungsi Aqidah dan Sebab-Sebab Penyimpangan dalam Aqidah. Nizhamiyah: Vol. 7 No. 1.

Yusuf, Muhammad Ardani. (2021). Pemikiran Ki Ageng Selo Tentang Pendidikan Akhlak. Jakarta: CV Graf Literasi.

Syarbini, A. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga: Studi tentang Model Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karekter: Konsepsi dan aplikasinya dalamLembaga Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tati Khafidotur Rofingah (2025). Menggapai Ketinggian Iman, Islam, dan Ihsan Melalui Tadabbur AlQur’an, Jurnal Tambusai. Volume 9 Nomor 1.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Putria Wahyu Ningsih, & Iva Inayatul Ilahiyah. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa di MAN 8 Jombang. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.898

Issue

Section

Articles