Implementasi Kajian Kitab Syifaul Jinan dalam Meningkatan Literasi Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Darul Falah 5 Cukir Diwek Jombang

Authors

  • Safna Annajwa Zain Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
  • Iva Inayatul Ilahiyah Universitas Hasyim Asy'ari Jombang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.957

Abstract

Literasi Al-Qur’an merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter dan pemahaman keislaman santri di lingkungan pesantren. Kajian kitab Syifaul Jinan sebagai salah satu bentuk tafsir tematik memiliki peran strategis dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca, memahami, serta mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kajian kitab Syifaul Jinan dalam proses peningkatan literasi Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Falah 5 Cukir Diwek Jombang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kajian kitab Syifaul Jinan dilakukan secara rutin dan sistematis, dengan pendekatan kontekstual yang memudahkan santri memahami makna ayat-ayat Al-Qur’an. Peningkatan literasi terlihat dari meningkatnya kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an dengan tartil, memahami tafsir tematik, serta mengaplikasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung keberhasilan implementasi ini antara lain adalah metode pengajaran yang interaktif dan kedisiplinan santri dalam mengikuti kajian

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Abidin, Y., Mulyanti, T., & Yunansah, H. (n.d.). Pembelajaran Literasi Strategi.

Al-Majidi, A. M. (2008). Bagaimana Rasulullah Mengajarkan Al-Qur’an Kepada Para Sahabat? Jakarta: Darul Falah.

Basyiroh, I. (n.d.). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3, 121.

Brien, L. M. O'. (2014). Examining differential effects of a family literacy program on language and literacy growth of English language learners with varying vocabularies. Journal of Literacy Research, 46(3), 384.

Damaianti, V. S. (2017). Cultural literacy-based critical reading teaching material with active reader strategy for junior high school. International Journal of Evaluation and Research in Education, 6(4), 313.

Daulay, S., Suciyandhani, A., Sofian, S., Julaiha, J., & Ardiansyah. (2023). Pengenalan Al-Quran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(5), 472–473.

Dewantara, I. P. M. (2019). Cultivating students’ interest and positive attitudes towards Indonesian language through phenomenon-text-based information literacy learning. International Journal of Instruction, 12(2), 149.

Dewayani, S., & Retnaningdyah, P. (2017). Suara Dari Marjin: Literasi Sebagai Praktik Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hanafi, H., et al. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok metodologi penelitian dan aplikasinya. Jakarta: Penerbit Galia Indonesia.

Iriantara, Y. (2017). Literasi Media. Bandung: Simbiosa.

Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish.

Khaeroni, N. (2011). Korelasi antara tingkat hafalan Syifa’ul Janan dan kefasihan membaca Al-Qur’an santri kelas I’dad Maadrasah Diniyah Salafiyah Futuhiyah Mranggen Demak Thun 2010-2011. (Unpublished undergraduate thesis). IAIN Walisongo.

Mazhar, B., & Mete, F. (2019). Cultural literacy in mother tongue education: An action research. Qualitative Research in Education, 8(2), 217.

Muhammad, H. (n.d.). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar.

Munir, M. (n.d.). Kaidah Ilmu Tilawah. Tegal: Ponpes Ath-Tholibiyah.

Mustika, J. (2016). Psikologi Pendidikan. Lampung: STKIP Kumala Lampung.

Rapik, M. (2010). Nalar Politik NU dan Muhammadiyah. Yogyakarta: PT. LKIS Printing Cemerlang.

Rusi, A. H. F. (2020, November 3). Belajar Al-Qur’an dan Strategi Siapkan Generasi Qurani. Retrieved from https://exampleurl.com

Said, M. (n.d.). Seni Mendidik Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Susilo, M. J. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syukran, A. S. (2019). Fungsi Al-Qur’an Bagi Manusia. Jurnal Al-I’jaz, 1(1), 93.

Tekan, I. (2003). Tajwid Al-Qur’an Karim. Jakarta: Pustaka Al Husna Baru.

Thantawi, M. S. (2013). Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Diva Press.

Toharudin, U., et al. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Triarti, S. (2004). Perkembangan Pemahaman Bacaan. In S. D. Gunarsa (Ed.), Dari Anak Sampai Usia Lanjut (pp. 43). Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Ula, M., Risawandi, R., & Rosdian, R. (2019). Sistem pengenalan dan penerjemahan Al-Qur’an Surah Al-Waqiah melalui suara menggunakan transformasi sumudu. Journal UNIMAL, 11(1), 105.

Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.

Wahyuningsih, S. (2013). Penelitian Studi Kasus. Bangkalan: UTM PRESS.

Zairul, H. (n.d.). Menghadapi Kedamaian Samudra Al-Qur’an. Bantul: Media Insani.

Downloads

Published

2025-04-19

How to Cite

Safna Annajwa Zain, & Iva Inayatul Ilahiyah. (2025). Implementasi Kajian Kitab Syifaul Jinan dalam Meningkatan Literasi Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Darul Falah 5 Cukir Diwek Jombang. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 260–270. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.957

Issue

Section

Articles