Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Menumbuhkan Sikap Sosial Peserta Didik di SMKN 1 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.896Abstract
Potensi siswa memerlukan suatu proses Pendidikan dengan baik untuk mengembangkan baik dari segi pengetahuan, ketrampilan, maupun sikap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk menumbuhkan sikap sosial peserta didik di SMKN 1 Jombang. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan triangulasi sumber untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai PAI dalam P5 dilakukan melalui berbagai proyek berbasis nilai-nilai Islam yang membentuk karakter siswa dalam aspek keimanan, ketakwaan, dan akhlak. Dalam proses ini melibatkan kolaborasi aktif antara guru, peserta didik, dan pihak sekolah. Sikap sosial siswa yang diteliti menunjukkan peningkatan dalam aspek toleransi, empati, kerja sama, dan tanggung jawab sosial. Internalisasi nilai-nilai PAI dalam P5 memberikan dampak positif terhadap karakter siswa, menjadikan mereka lebih sadar akan pentingnya interaksi sosial yang berbasis pada nilai-nilai keislaman dan pancasila.
References
Citriadin, Yudin. Pengantar Pendidikan, Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram, 2019.
Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.
Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.
Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100.
Komunitas Guru Belajar Nusantara. Panduan Pengambangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 2022.
Labudasari, Erna. Eliya Rochmah, Cucu, Risnawati, Kurikulum Merdeka Teori dan Praktek di Sekolah, Bandung: Indonesia Emas Group, 2023.
Muhsin, Ali. Iva Inayatul Ilahiyah, Pendidikan Islam Dalam Arus Globalisasi, UNHASY : Teburireng Jombang.
Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.
Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.
Radhiyani, Fitri. Karakteristik Perkembangan Peserta didik, Yogyakarta: CV. Ananta Vidya, 2022.
Septiani, Binti dan Muhammad Widda Djuhan. “Upaya Guru Menigkatkan Sikap Sosial Siswa Melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran IPS”, Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, Nomor 1 Volume 1, 2021.
Siroz, Anwar. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2024.
Siswadi, Gede Agus. Mengungkap Filsafat Pendidikan di Balik Kurikulum Merdeka, Bali: Nilacakra Anggota IKAPI, 2019.
Siswanto, Pendidikan Islam dalam Dialektika Perubahan, Surabaya: Pena Salsabila, 2015.
Umar, Mardan. dan Feiby Ismail, Buku Ajar PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Konsep Dasar bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum, Jawa Tengah: CV. Pena Persada, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afifatul Ulwiyah, Iva Inayatul Ilahiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.