Peran Pesantren Dalam Meneguhkan Identitas Budaya Indonesia di Tengah Arus Modernisasi
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.847Abstract
Budaya sebagai produk pemikiran dan kreativitas manusia yang diwariskan melalui generasi, mencerminkan identitas suatu bangsa, di Indonesia, keberagaman budaya melambangkan keunikan bangsa. Namun globalisasi menjadi ancaman signifikan terhadap pelestarian budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pesantren dalam meneguhkan identitas budaya indonesia di tengah arus modernisasi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa budaya adalah hasil karya dan agasan manusia yang diwariskan dari generasi ke generasi, mencerminkan identitas suatu bangsa. Di Indonesia, keberagaman budaya menjadi simbol keunikan bangsa. Namun, globalisasi dengan pengaruh budaya asing yang kuat, terutama lewat teknologi dan media massa, mengancam kelestarian budaya lokal. Pesantren berperan penting dalam menjaga identitas budaya, khususnya budaya Islam. Selain mengajarkan agama melalui kitab kuning, pesantren juga membentuk karakter dan nilai moral santrinya. Pesantren tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan agama, tetapi juga sebagai pelestari budaya lokal, dengan mengajarkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan ilmu pengetahuan.
References
Damanik, A. Z., Awalia, A. A., Nadzifah, N., Juniarti, R., & Ma, D. (2024). Peran Pondok Pesantren Kebudayaan dalam Menjawab Fenomena Krisis Identitas Budaya The Role of Cultural Islamic Boarding Schools in Responding to the Phenomenon of Cultural Identity Crisis Universitas Islam Negeri Walisosngo Semarang , Indonesia Di era glo. 5. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i5.1029
Daulay, H. P. (2001). Historisitas dan eksistensi pesantren sekolah dan madrasah. Tiara Wacana Yogya. https://books.google.co.id/books?id=IUa5AAAACAAJ
Jamaluddin, M. (2012). Metamorfosis Pesantren Di Era Globalisasi. Karsa: Journal of Social and Islamic Culture, 127–139. https://doi.org/10.19105/karsa.v20i1.57
Mastuhu. (1994). Dinamika sistem pendidikan pesantren: suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem pendidikan pesantren. INIS. https://books.google.co.id/books?id=dnadAAAAMAAJ
Masyari, A. rikza. fauziah. (2016). PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI PESANTREN DARUL ULUM PETERONGAN JOMBANG. 2, 92–113.
Rohimah, I. S., Hufad, A., & Wilodati, W. (2019). Analisa penyebab hilangnya tradisi Rarangkén (Studi Fenomenologi pada Masyarakat Kampung Cikantrieun Desa Wangunjaya). Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.52483/ijsed.v1i1.2
Sukarwo, W. (2017). Krisis Identitas Budaya: Studi Poskolonial pada Produk Desain Kontemporer. Jurnal Desain, 4(03), 311. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i03.1869
Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.159
Zuriatina, I. (2020). Pengaruh Pembangunan Kebudayaan Terhadap Pembangunan Manusia Di Indonesia. TEMALI : Jurnal Pembangunan Sosial, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.15575/jt.v3i1.6364
Koendjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi, Sejarah Teori Antropologi, Jakarta, Rineka Cipta, 2015.
Wiidodo. (2015). Peindiidiikan keiwarganeigaraan. Andii.
Monteiiiro, J. M. (t.t.). Peindiidiikan peiwarganeigaraan: Peirjuangan Meimbeintuk karakteir Bangsa. Deieipubliish 2016.
Suryani, M. (2019). Urbanisasi dan perubahan sosial: Tantangan bagi budaya tradisional. Surabaya: Universitas Airlangga Press.
Zamakhsyari Dhofier. (1982). Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. LP3ES
Arifin, M. (1999). Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Bumi Aksara
Munir, S. A. (2009). Percik Pemikiran Para Kiai. Pustaka Pesantren
Nuh, N. M. (2010). Peranan Pesantren Dalam Mengembangkan Budaya Damai. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kemal Husen; Muhammad Husni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.