Tantangan Pendidik Dalam Pengintegrasikan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Sekolah Negeri Pada Era Globalisasi

Authors

  • Taufiqurrahman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Opik Taupik Kurahman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dadan Rusmana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.563

Abstract

Globalisasi telah membawa dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, dengan tantangan utama bagi pendidik di sekolah negeri dalam mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan Islam ke dalam sistem pembelajaran multikultural dan sekuler. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan tersebut dan memberikan rekomendasi strategis bagi pendidik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan wawancara mendalam terhadap pendidik di SMPN 2 Kangayan Sumenep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama meliputi kurangnya pemahaman mendalam tentang nilai-nilai Islam di kalangan pendidik, pengaruh budaya global yang bertentangan dengan ajaran Islam, dualisme sistem pendidikan yang memisahkan pelajaran agama dari mata pelajaran lainnya, serta minimnya dukungan struktural dalam bentuk kebijakan dan materi ajar yang mendukung integrasi nilai-nilai Islam. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan pelatihan intensif bagi pendidik, penerapan pendekatan holistik dalam pembelajaran, penggunaan teknologi untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam, serta kolaborasi antara pendidik, orang tua, dan masyarakat. Dengan pendekatan inklusif dan terarah, integrasi nilai-nilai pendidikan Islam di sekolah negeri dapat memperkuat karakter siswa, meningkatkan kualitas pendidikan, dan menciptakan generasi yang berakhlak mulia, toleran, serta siap menghadapi tantangan globalisasi

References

A. Muri Yusuf. (2017). A. Muri Yusuf (4th ed.). kencana.

Baehaqi, A., Sukandar, A., Tata, S., Trie, M., Gunawan, R., Hani, A., Tinggi, S., Islam, A., Bandung, S., Islam, U., & Bandung, N. (n.d.). International Education Trend Issues Integration of Islamic Values in STEM Learning in Secondary Schools (Vol. 2, Issue 2). https://ijble.com/index.php/ieti

Dwi Safitri, C., Negeri Makassar Baso Jabu, U., & Negeri Makassar Samtidar, U. (2023). The Integration of Islamic Values in English Language Teaching Context: Practices and Challenges. Celebes Journal of Language Studies, 3(2), 2776–7493.

Freire, P. (1970). Pedagogy of the oppressed. https://www.google.co.id/books/edition/Pedagogy_of_the_Oppressed/M4MQAAAAYAAJ?hl=id&gbpv=1&bsq=Pedagogy+of+the+Oppressed&dq=Pedagogy+of+the+Oppressed&printsec=frontcover

lalo, kalfaris. (2018). jurnalpt1k,+JURNAL+PTIK_VOLUME12_NO_2_05Kalfaris+Lalo . Jurnal Ilmu Kepolisian, 12, 68–75.

Mufidah, L. I. (n.d.). Tantangan Profesionalisme Guru pada Era Globalisasi.

Parnawi, A., & Idris, A. (2024). Innovation In The Development Of Islamic Religious Education With A Multicultural Approach. Journal of Human And Education, 4(1), 231–241.

Rafliyanto, M., & Mukhlis, F. (2023). PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 7.

Safitri, D. savia. (2024). Strategies for Strengthening Character Education Through the Integration of Islamic Values: The Role of Teachers as Role Models in the Context of Contextual Learning. AFRIKANA: Jurnal Pendidikan Islam, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/afkarina.v8i2.9395

Setyawati, Y., Septiani, Q., Aulia Ningrum, R., & Hidayah, R. (2021). IMBAS NEGATIF GLOBALISASI TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 306–315.

Sheikh, J. A. (2020). Educational Dualism in the Muslim World and the Way Forward: A Comparative Study of Educational Thought of Mawlana Madoodi and Badiuzzaman Said Nursi. Journal of South Asian Studies, 8(2), 47–55. https://doi.org/10.33687/jsas.008.02.3277

Sholeh, M. I. A. S. M. (2023). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Tinta, 5(1), 104–126. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Sofwan, M. dan H. A. (2016). Problematika_Dunia_Pendidikan_Islam_Abad (1). Jurnal Kependidikan, 46, 271–280.

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa. 60–63.

Zebua, F. R. S. (2023). Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.55

Zubaidi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. https://www.google.com/search?udm=36&q=Zubaidi.+%282011%29.+Desain+Pendidikan+Karakter

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Taufiqurrahman, Opik Taupik Kurahman, & Dadan Rusmana. (2025). Tantangan Pendidik Dalam Pengintegrasikan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Sekolah Negeri Pada Era Globalisasi. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 179–189. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.563

Issue

Section

Articles