Transformasi Manajemen Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Islam Pada Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.500Abstract
Transformasi manajemen peserta didik di lembaga pendidikan Islam sangat diperlukan dalam menyongsong era Society 5.0 yang ditandai dengan integrasi teknologi canggih, seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), Internet of Things (IoT), dan big data, yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan untuk menghadapi tantangan utama yakni minimnya adaptasi teknologi dalam manajemen peserta didik serta pendekatan pembelajaran yang masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi inovatif dalam mengoptimalkan pengelolaan peserta didik guna meningkatkan kualitas pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang mengumpulkan data melalui analisis berbagai sumber literatur, termasuk jurnal, artikel, dan buku, yang relevan dengan transformasi pendidikan Islam dan teknologi di era Society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kualitas layanan pendidikan. Penggunaan teknologi memungkinkan pengelolaan data peserta didik yang lebih baik, personalisasi pembelajaran, serta pengambilan keputusan berbasis data. Selain itu, pemanfaatan alat analitik dan platform digital mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Namun, transformasi ini memerlukan dukungan kuat dari tenaga pendidik yang kompeten, fasilitas memadai, dan pendekatan yang seimbang antara teknologi modern dan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini menekankan pentingnya inovasi dalam manajemen peserta didik untuk menghadapi tantangan Society 5.0 tanpa kehilangan identitas pendidikan Islam. Diharapkan, implementasi strategi berbasis teknologi dapat meningkatkan mutu pendidikan Islam sekaligus membentuk generasi yang adaptif, kompeten, dan berakhlak mulia.
References
Aryawan. (2019). Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan Melalui Optimalisasi Penerapan Manajemen Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(1), 35–45.
Brey, P. (2018). The strategic role of technology in a good society. Technology in Society, 52, 39–45. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2017.02.002
Danilov, M., & Plotnikov, N. (2019). Transformation of education in the conditions of the information society development: institutional and cultural aspects. SHS Web of Conferences, 72, 03031. https://doi.org/10.1051/shsconf/20197203031
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Fadlan, A., Elwidah, M., Ridwan, R., & Hakim, L. (2023). Policy Problematic Islamic Educational Institutional In Increasing The Quality of Education. International Journal of Education and Teaching Zone, 2(1), 1–2. https://doi.org/10.57092/ijetz.v2i1.123
Latifah, L., & Ngalimun, N. (2023). Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi Melalui Transformasi Digital Dengan Pendekatan Manajemen Pendidikan Islam Di Era Society 5.0. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 5(1), 41. https://doi.org/10.31602/jt.v5i1.10576
Mourtzis, D., Angelopoulos, J., & Panopoulos, N. (2022). A Literature Review of the Challenges and Opportunities of the Transition from Industry 4.0 to Society 5.0. Energies, 15(17). https://doi.org/10.3390/en15176276
Munir, M., & Zumrotus, I. (n.d.). Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital : Transformasi dan Tantangan Implementasi Teknologi Pendidikan. 1–13.
Muspawi, M. (2020). Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 744–750.
Nabila. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 6. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.170
Nurcahya, A., Hayatunnisa, S., Zohriah, A., & Firdaos, R. (2024). Basic Concepts of Educational Management. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 9(1), 9. https://doi.org/10.29103/j-mind.v9i1.16479
Rahmawan, A. Z. (2021). Implementasi Society 5.0 Dalam Kebijakan Dan Strategi Pendidikan Pada Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(1), 37.
Sari, I. V. Y., Kamila, E. R., & Kholis, N. (2023). Transformasi Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Menuju Era Society 5,0. Journal of Educational Research and Practice, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.70376/jerp.v1i1.26
Setyowati, R. D., Ningsih, D., & Pahrudin, A. (2024). Opportunities and Challenges of Islamic Education Management in Facing the Global Era. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 9(1), 167–180. https://doi.org/10.31851/jmksp.v9i1.14227
Sickles, R. C., Sun, K., & Triebs, T. P. (2021). The optimal use of management. Economic Inquiry, 59(3), 1346–1363. https://doi.org/10.1111/ecin.12979
Siti Umi Khoiriah, Lia Karunia Lam Uli Lubis, & Diva Kayla Nazwa Anas. (2023). Analisis Perkembangan Sistem Manajemen Pendidikan di Era Society 5.0. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(2), 117–132. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i2.650
Sumaryanto. (2022). Mengenal Society 5.0 dan Penerapanya Dalam Berbagai Bidang. Retrieved from Universitas Sains dan Teknologi Komputer website: http://sistem-komputer-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Mengenal-Society-5.0-dan-Penerapannya-dalam-Berbagai-Bidang/b27d827c3bccda45a80ce636911251e84105ce45
Syahputra, D. R., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3), 51–56.
Villamil, A., & Heshmati, S. (2023). Engaging in the good with technology: a framework for examining positive technology use. Frontiers in Psychology, 14(August), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1175740
Yusuf. (2019). Manajemen Peserta Didik Perencanaan Dan Pengorganisasian. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 12(2), 120–126.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mutiara Ariska, Opik Taupik Kurahman, Dadan Rusmana, Arjuna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.