Implementasi Pendekatan Teaching At The Rigth Level (TARL) Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Wahid Hasyim Gudo Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.941Abstract
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di madrasah menghadapi tantangan dalam menyampaikan materi kepada siswa dengan latar belakang dan kemampuan yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL), implementasinya dalam pembelajaran SKI, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi digunakan untuk menjaga validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TaRL membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi SKI. Siswa dikelompokkan berdasarkan level pemahaman (High, Middle, Low), dan pembelajaran disesuaikan dengan tingkat kognitif masing-masing. Faktor pendukung meliputi dukungan madrasah, kesiapan guru, dan antusiasme siswa. Adapun kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu pembelajaran dan kesiapan guru dalam menyusun materi diferensial. Secara keseluruhan, pendekatan TaRL mampu menciptakan proses pembelajaran yang lebih aktif, kontekstual, dan berpusat pada siswa
References
Al-Qur'an Al-Karim
Abdullah. “Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa”, Edureligia. Vol. 01 No. 01, 2017.
Asyafah, Abas. “Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam”. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education. Vol. 6 No. 1, 2019.
Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Fachrudin, Yudhi. “Analisis Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam”. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 2023.
Festiawan, Rifqi. Belajar dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman 1963.
Gulo. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002.
Haryono, Cosmas Gatot. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi : CV Jejak, 2020.
Lubis, Nabilah. Menyingkap intisari segala rahasia: Syekh Yusuf al-Taj al-Makasari. Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, 1996.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Nugraha, Firman. Menyegarkan Kembali Semangat Perubahan Dan Orientasi Layanan. Bandung: BPKA dengan BDK Bandung, 2023.
RI, Kementerian Agama. Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2019.
Sanjaya, dkk. Teaching at the Right Level (TARL) Pengajaran Sesuai Level Peserta Didik. Palembang: Bening Media Publishing, 2024.
Setyawan, Dodiet Aditya. Buku Ajar Statistika. Indramayu : Penerbit Adab, 2021.
Yusuf, Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Husnul Khotimah, Sholihul Anshori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.