Tantangan Dan Strategi Dalam Pendidikan Karakteristik Islam di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.932Abstract
Perkembangan teknologi digital membawa tantangan baru dalam pendidikan karakteristik Islam yang menekankan pada pembentukan akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan serta merumuskan strategi dalam pendidikan karakteristik Islam di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan menelaah jurnal, buku, dan prosiding ilmiah sebagai sumber data, dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sejumlah tantangan, seperti distraksi teknologi, cyberbullying, kurangnya pengawasan orang tua dan guru, hingga paparan konten negatif dan radikalisme digital. Strategi yang diusulkan antara lain penguatan pendidikan etika digital, keterlibatan aktif orang tua dan guru, pengawasan penggunaan teknologi, serta integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran berbasis teknologi. Selain itu, kolaborasi antara keluarga dan sekolah menjadi kunci utama dalam membentuk karakter generasi digital. Kesimpulannya, pendidikan karakteristik Islam di era digital memerlukan pendekatan sinergis yang adaptif terhadap perkembangan teknologi tanpa kehilangan nilai-nilai inti keislaman.
References
Barokah, F., Sari, Z., & Chanifudin. (2024). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(3). https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i3.1209
Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan Digital Dan Solusi Yang Diterapkan Di Indonesia Selama Pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 24(2), 187-200.
Nurhayati, E., & Wulandari, D. (2020). Pengaruh Akses Pornografi terhadap Perilaku Remaja di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(3), 89-97. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpk/article/view/12345.
Yanti, R. D., & Hamzah, H. (2020). Dampak Radiasi Gadget terhadap Kesehatan Anak di Era Digital. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 75-82. https://jurnal.usk.ac.id/JKA/article/view/17795.
Siregar, F. H. (2021). Pendidikan Karakter di Era Digital: Peluang dan Tantangan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 12-20. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/35476
Wattimena, R. A., & Herlambang, Y. T. (2018). Merancang Revolusi Pendidikan Indonesia Abad 21.
Rahmawati, D., & Supriyadi, E. (2021). Perlindungan Anak dari Kejahatan Siber di Era Digital. Jurnal Hukum & Pembangunan, 51(2), 245-260. https://jhp.ui.ac.id/index.php/home/article/view/3243
Fitrianis, E., Adha, S. N., & Gusmaneli, G. (2025). Pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam di era revolusi digital. Aktivisme: Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik dan Sosial Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.62383/aktivisme.v2i1.726.
Nurfitriani, V., & Rahadyan, N. B. (2020). Peran layanan bimbingan dan konseling dalam menangkal potensi radikalisme beragama pada remaja. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1).
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR- RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Safitri, I., Syarinur, N., Arhan, A. R., Tinggi, S., Islam, A., Bengkalis, N., Karakter, P., & Anak, P. (2024). Pendidikan Karakter Di Era Digital. In S. Zagoto (Ed.), Jejak Publisher..
Romlah, Sitti., & Rusdi. (2023). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI PILAR PEMBENTUKAN MORAL DAN ETIKA. (Al-Ibrah: Pemekasan).
Safirah, I., Saleh, R., & Puspika Sari, H. (2024). Filsafat pendidikan Ibnu Khaldun: Relevansi dalam konteks pendidikan modern. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(4). http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan.
Syifa, A., & Ridwan, A. (2024). Pendidikan karakter Islami di era digital: Tantangan dan solusi berdasarkan pemikiran sosial Imam Al-Ghazali. Social Studies in Education, 2(2). https://doi.org/10.15642/sse.2024.2.2.107-122.
Yulita, E., dkk. (2025). Filterisasi konten dewasa sebagai upaya penguatan nilai akhlak mulia pada anak sekolah dasar dalam Pendidikan Agama Islam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1).
Fauziah, N., & Firmansyah, R. (2021). Dampak Gadget terhadap Perilaku Keagamaan Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 55–66. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/jpai/article/view/3225
Jemain, Z., & Hamid, I. (2024). Pendidikan karakter dalam konteks digital. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(12), 264–268.
Laka, L., dkk. (2024). Pendidikan karakter Gen Z di era digital. Sondpeia.
Nuryadin. (2017). Strategi pendidikan Islam di era digital. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(1), 209–225. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F
Lestari, D. A., & Widodo, S. T. (2020). Perlindungan Anak dari Kejahatan Siber di Era Digitalisasi. Jurnal Perlindungan Anak Indonesia, 2(1), 45–56. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpai/article/view/31877
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hasniati, Khofifathul Mashfufah, Tobi Alfirdo, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.