Studi Literatur Hakikat Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.914Abstract
Kurikulum dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan dan membantu merumuskan tujuan pendidikan nasional, kurikulum harus terus-menerus dikembangkan dan disempurnakan untuk mengikuti laju kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kecepatan masyarakat yang berkembang untuk mencapai tujuan pendidikan yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untu menganalisis pentingnya pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan yang merupakan suatu studi yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, kisah-kisah sejarah, dan sebagainya. Hasil penelitian ini yang berkaitan dengan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembelajaran yaitu: Hakikat Pengembangan Kurikulum PAI, Tiga faktor utama yang mempengaruhi pengembangan kurikulum PAI, dan Implikasi Kurikulum PAI terhadap Pembelajaran.Suatu proses yang melibatkan perencanaan yang matang untuk menciptakan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman tanpa meninggalkan nilai-nilai dasar Islam
References
Acetylena, S., Agustin, E. F., Amrillah, S. F., & Setiawan, E. (2025, Januari). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Baru. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 424-429. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Agus, F., Kadri, H., Marlinton, E., & Lahmi, A. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Komponen Beserta Faktor-Faktornya. Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1). Aris Dwi Cahyono. (2021). (Library Research) Peranan Pengembangan Manajemen Kinerja Tenaga Administrasi Kesehatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. Jurnal Ilmiah Pamenang, 3(2), 28–42. https://doi.org/10.53599/jip.v3i2.81
Choli Ifham. (N.D.). (2023). Hakikat Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. From Https://Uia.E-Journal.id/Alrisalah/Article/View/407
Febri, W., & Tasman, H. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pendekatan Humanistik Di Indonesia. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 164 – 175. https://doi.org/https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1562
Firdausi, N. I. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Hidayat Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Rosdakarya Offset. Hal. 20-21
Hamalik, Oemar. (2016). Pendidikan Agama Islam: Kurikulum, Tujuan, Metode, dan Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2016). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Cet. Ke-6. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Hazin, M., & Wedia Devi Rahmawati, N. (2021). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Histori dan Regulasi di Indonesia). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 293–310. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.745
Hendra Firmansyah, M. (2021). Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pembentukan Akhlak. 1(1).
Janah Futihatul, F. M. (2022). Kurikulum Pendidikan Islam, Hakikat Dan Komponen Pengembangannya. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam,
Kristiawan Muhammad. (2019). Analisis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. Ke-1. Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu: Gedung Laboratorium Pembelajaran FKIP.
Leni Layinah, S. (2024). Landasan Filosofis Pendidikan Agama Islam Ditinjau Dalam Perspektif Filsafat Pancasila. http://jurnal.qolamuna.id/index.php/elbadr
Mahdha Lewis, A., Khotima, H., Handayani, T., & Raden Fatah Palembang, U. (n.d.). Pengembangan Perguruan Tinggi Islam Di Indonesia.
Mardhatillah, A., Elisa, N., Ma’rifah, S., & Adiyono. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tanah Grogot. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 2(1), 1–17.
Meylina Astuti, Jessika Mutiara, & Mustafiyanti Mustafiyanti. (2023). Pengertian Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 46–52. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i1.623
Novianti, Y. (2020). Pengaruh Pemahaman Guru PAI Tentang Kurikulum 2013 Terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Parung. UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Nurmalasari, S., Abidin, J., & Ferianto. (2024). Dampak Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa The Impact Of Implementing Islamic Religious Education Learning In Shaping Student Character. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 221-231. https://doi.org/10.51729/alhasanah
Opi rohmawati, Poniyah, Zhafirah Dwi Rahayuningtias, & Adiyono. (2021). Penerapan Model Pengembangan Kurikulum Pai Sma Negeri 1 Batu Engau. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 72–80. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i2.1171
Penyusun, T., & Ridha Ajam Abjan Fabanyo Sutaryo Joko Suratno Abdul Gaus Bakhtiar Majid Asrudin Hormati Suryati Tjokrodiningrat, M. M. (2019). Panduan Penyusunan Dan Pengembangan Kurikulum. In Rektorat Universitas Khairun Jl. Yusuf Abdulrahman (Issue 0921).
Tompunu, I., Sujai, M., Rohana, N., & Raji’ah, S. (n.d.). Pendidikan Islam dalam UU SISDIKNAS No 20 Tahun 2003 (Vol. 3, Issue 2). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqr
Syuhada, M. N., Risnawati, & Rizqa, M. (2025, Januari). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Pesertadidik. Abstrack. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 33-39. https://journalpedia.com/1/index.php/jipp
Wahyuni, R. (2024). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam terhadap Kualitas Pembelajaran Guru PAI di Sekolah Dasar SD Negeri 163095 Tebing Tinggi. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (JITK), 2(2), 483-488. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk
Yusuf, A. (2019). Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Multikultural (Perspektif Psikologi Pembelajaran). Al Murabbi, 4(2), 251–274. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Naila Rizqi Salsabila, Najah Tsabitah, Ris Dwi Yuliani, Safira Tsaniyatur Rohaimi, Muhammad Hufron

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.