Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Siswa di Era Society 5.0 di MTs Negeri 2 Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.173Abstract
Guru pendidikan agama islam memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran guru PAI dalam meningkatkan literasi pada siswa. Melalui penelitian ini, dapat diidentifikasi strategi dan praktik terbaik yang dapat diterapkan oleh guru pendidikan agama islam dalam menghadapi tantangan literasi di era Society 5.0, sehingga mereka dapat memainkan peran yang lebih efektif dalam membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di masa depan. Penelitian ini adalah sebuah studi lapangan yang mengungkapkan dan menggali informasi tentang peran guru dalam meningkatkan literasi siswa di era society yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan apa adanya yang sesuai dengan kenyataan faktual yang ditemukan dilapangan dan jenis penelitian ini adalah kualitatif. Upaya guru dalam meningkatkan literasi pada siswa (1) guru harus memerankan metode yang bervariasi (2) penanaman nilai-nilai agama di era digital (3) kolaborasi wali kelas dan wali murid (4) dapat menyesuaikan kondisi tanpa meninggalkan karakter akhlakul karimah (5) meminjamkan modul ke siswa di awal semester. Hasil penelitian ini menunjukkan bawa guru pendidikan agama islam memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi siswa di era Society 5.0. Peran guru PAI tidak hanya sebagai penyalur pengetahuan, tetapi juga sebagai fasilitator pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan penerapan teknologi dalam berbagai konteks.
References
Ahyat, Nur. 2017. “EDUSIANA : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam.” Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4(1): 24–31.
Alfalah, Riski. 2022. “Menjadi Guru Di Era Society 5.0 : Tantangan Dan Peluang.” Open Society Foundations (OSF). https://osf.io/4h38b/.
Asmuki, Asmuki. 2021. “Menjadi Guru Super: Sebagai Referensi Bagi Pendidik Islam Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas.” Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam 6(1): 49–58. doi:10.35316/edupedia.v6i1.1429.
Ba, D I, Aisyiyah Bukateja, Kecamatan Bukateja, U I N Prof, K H Saifuddin, and Zuhri Purwokerto. 2021. “KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING Diajukan Kepada Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UNIVERSITAS ISLAM NEGERI.”
Desa, D I, Tunggul Paciran, and Addina Hunafa. 2021. “Kranji Paciran Lamongan.” 4(September).
Di, Pembelajaran, and M I N Rejang. 2023. “Jurnal Literasiologi Volume 9 Nomor 3 DOI :” 9: 65–77.
Haristah, Hanna, Al Azka, Rina Dwi Setyawati, and Irkham Ulil Albab. 2019. “Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Pengembangan Modul Pembelajaran.” Jurnal Matematikan dan Pendidikan Matematika 1(5): 224–36.
Ilyas, M., and Armizi Armizi. 2020. “Metode Mengajar Dalam Pendidikan Menurut Nur Uhbiyati Dan E. Mulyasa.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5(02): 185–96. doi:10.46963/alliqo.v5i02.244.
Indriani, Ananda, Ilma Hasanah, Fachri Ahmad Yasin, Ma Muhammad Buchori, Salma Maelani Marwah, Syahidin Syahidin, and Muhamad Parhan. 2024. “Peran Sentral Mu’allim: Membimbing Generasi Beriman Dalam Pendidikan Islam.” IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(1): 44–54. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i1.743.
Irwan, Irwan, Nuryani Nuryani, and Masruddin Masruddin. 2023. “Kolaborasi Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Meningkatkan Proses Belajar Peserta Didik.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 8(1): 131–54. doi:10.24256/kelola.v8i1.3556.
Ismatullah, Nur Hasanah. 2019. “Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Membangun Karakter Akhlakul Karimah Peserta Didik.” Tarbiyatu wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(01): 59–73.
Jabri, Umiyati, and Wahyuddin Naro. 2023. “Kedudukan Guru Sebagai Pendidik.” 5(1): 7–12.
Maulidiyah, Eka Cahya. 2018. “Penanaman Nilai-Nilai Agama Dalam Pendidikan Anak Di Era Digital.” Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak 2(1). doi:10.21274/martabat.2018.2.1.71-90.
Muflihin, Ahmad. 2020. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(1): 91. doi:10.30659/jpai.3.1.91-103.
Na’imah, Tri. 2019. “Internalisasi Nilai Akhlaqul Karimah Dalam Pendidikan Karakter.” Seminar Nasional Psikologi: 73–85.
Naufal, Haickal Attallah. 2021. “Literasi Digital.” Perspektif 1(2): 195–202. doi:10.53947/perspekt.v1i2.32.
Nurhaliza, Emi Tipuk Lestari, and Fivi Irawani. 2021. “Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu.” Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial 1(2): 11–19.
Puji Rahayu. 2019. “Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab.
Puspitasari, Anggraini Diah. 2019. “Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika 7(1): 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika.
Putra, Pristian Hadi. 2019. “Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0.” Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 19(02): 99–110. doi:10.32939/islamika.v19i02.458.
Rahayu, Dania Riski, Yulianti Yulianti, Ade Elsa Fadillah, Ermida Lestari, Faradila Faradila, and Dewi Fitriana. 2023. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 4(2): 887–92. doi:10.56667/dejournal.v4i2.1189.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1): 1–8.
Rusiadi. 2020. “Variasi Metode Dan Media Pembelajaran.” Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam 6(2): 10–21.
S.Sirate, Sitti Fatimah, and Risky Ramadhana. 2017. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi.” Inspiratif Pendidikan 6(2): 316. doi:10.24252/ip.v6i2.5763.
Sandra, Rhona, Neviyarni Suhaili, Mudjiran, and Herman N. 2022. “Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal Edukasi: STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh 02(1): 2.
Sutisna, Deni, Dyah Indraswati, and Muhammad Sobri. 2019. “Keteladanan Guru Sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 4(2): 29. doi:10.26737/jpdi.v4i2.1236.
Syahfitra, Aidil, and Muhammad Asro. 2019. “Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa SD Negeri 1 Cibugel.” Al-Khidmat 2(2): 58–66. doi:10.15575/jak.v2i2.5984.
Ujud, Sartika, Taslim D Nur, Yusmar Yusuf, Ningsi Saibi, and Muhammad Riswan Ramli. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan.” Jurnal Bioedukasi 6(2): 337–47. doi:10.33387/bioedu.v6i2.7305.
Waruwu, Marinu. 2023. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1): 2896–2910.
Yuniarto, Bambang, and Rivo Panji Yudha. 2021. “Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 10(2): 176–94. doi:10.24235/edueksos.v10i2.8096.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Nur Kholis, Ris Dwi Yuliani, Wildan Nur Mardotillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.