Pembinaan Akhlak Siswa Sekolah Dasar di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.169Abstract
Akhlak termasuk salah satu faktor yang dapat menentukan jatuh bangunnya seseorang, harga diri martabat keluarga, bangsa serta negara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan akhlak siswa sekolah dasar di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitiankepustakaan. Penelitian kepustakaan merupakan suatu penelusuran dan penelitian dengan metode membaca dan menelaah berbagai jurnal, buku, dan berbagai naskah terbitan lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian dalam menghasilkan sebuah tulisan yang berkenaan dengan suatu topik penelitian, teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikai/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pembinaan akhlak siswa sekolah dasar di era digital dapat ditempuh melalui cara pembinaan. Sedangkan untuk pembinaan tersebut juga dapat di tempuh melalui metode keteladanan dan metode pembiasaan.
References
Abdul Malik, Sehari Di Kediaman Rasulullah (Darul Haq, Jakarta: 2012)
Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak Dalam Islam, (Solo: Al-Andalus, 2015).
Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, (PT Rajagrafindo Persada, Jakarta: Juni 2015)
Al-Quran Hafalan Mudah Terjemahan dan Tadwid Warna, (Cordoba, September 2019).
Ami Rahmawati, Panduan Pembinaan Sekolah rumah, (Kemendikbud, 2016)
Asmal May, Potensi Energi Akhlak, (Al-Fikra: Jurnal Ilmiah KeIslaman, Vol 8 No 1, Januari-Juni 2009)
Beni Ahmad Saebani dan Abdul Hamid, Ilmu Akhlak (Bandung Pustaka Setia, 2006)
Guntur Setiawan, Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan, (Jakarta: Balai Pustaka, 2004)
M Yatimin Abdullah, Studi Akhlak dalam Perspektif al-Quran (Jakarta Amzah: 2008)
Mawardi, Dkk, Pembinaan Akhlak Menurut Syekh Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta‟limul Muta‟allim, (Rayah Al-Islam, Vol. 5, No. 1, April 2021)
Nelty Khairiyah Danendi Suhendi Zen, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, (Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2017)
Nurhayati Hsy, Metode Pembinaan Akhlak Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauzi 1292–1352 M, (AlMutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, Vol. 18 No. 2. Juli-Desember 2021)
Nurul Hidayat, Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam, (Ta´Allum, Vol 3 No 02 : November 2015).
Rachmat Syafe´i, Al-Hadis Aqidah, Akhlak, Sosial, dan Hukum, (Cv Pustaka Setia, Bandung)
Reri Berlianti, Dkk, Implementasi Metode Pembiasaan pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Al-Qalam, Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Agama Islam, Volume 12, No,2 2020)
Sa´Id Bin Ali Bin Wahf Al-Qatthani, Edisi Indonesia, Pesan-Pesan Rasulullah Menjelang Wafat, (Darul Haq, Jakarta : 2012)
Syamsul Rizal, Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf, (Jurnal Edukasi Islami , Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol, 1 Thn 2010)
Tim Penusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1996)
Yunahar Ilyas, Kuliah Akhlaq, (Lembaga Pengkajian Dan Pengalaman Islam (Lppi) Jl. Lingkar Barat, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183)
Yundri Akhyar, Eli Sutrawati, Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak, (Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, Vol. 18 No. 2. Juli-Desember 2021)
Zakiah Daradjat, Dasar-Dasar Agama Islam, (Jakarta, Universitas Terbuka, 2002)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nazaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.