Pembinaan Akhlak Siswa Sekolah Dasar di Era Digital

Authors

  • Nazaruddin IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.169

Abstract

Akhlak termasuk salah satu faktor yang dapat menentukan jatuh bangunnya seseorang, harga diri martabat keluarga, bangsa serta negara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan akhlak siswa sekolah dasar di era digital. Penelitian ini  menggunakan pendekatan  penelitiankepustakaan. Penelitian kepustakaan merupakan suatu  penelusuran dan penelitian dengan metode membaca  dan  menelaah  berbagai  jurnal,  buku,  dan  berbagai  naskah  terbitan lainnya   yang   berkaitan   dengan   topik   penelitian dalam menghasilkan   sebuah tulisan  yang  berkenaan  dengan  suatu  topik penelitian, teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikai/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pembinaan akhlak siswa sekolah dasar di era digital dapat ditempuh melalui cara pembinaan. Sedangkan untuk pembinaan tersebut juga dapat di tempuh melalui metode keteladanan dan metode pembiasaan.

References

Abdul Malik, Sehari Di Kediaman Rasulullah (Darul Haq, Jakarta: 2012)

Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak Dalam Islam, (Solo: Al-Andalus, 2015).

Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, (PT Rajagrafindo Persada, Jakarta: Juni 2015)

Al-Quran Hafalan Mudah Terjemahan dan Tadwid Warna, (Cordoba, September 2019).

Ami Rahmawati, Panduan Pembinaan Sekolah rumah, (Kemendikbud, 2016)

Asmal May, Potensi Energi Akhlak, (Al-Fikra: Jurnal Ilmiah KeIslaman, Vol 8 No 1, Januari-Juni 2009)

Beni Ahmad Saebani dan Abdul Hamid, Ilmu Akhlak (Bandung Pustaka Setia, 2006)

Guntur Setiawan, Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan, (Jakarta: Balai Pustaka, 2004)

M Yatimin Abdullah, Studi Akhlak dalam Perspektif al-Quran (Jakarta Amzah: 2008)

Mawardi, Dkk, Pembinaan Akhlak Menurut Syekh Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta‟limul Muta‟allim, (Rayah Al-Islam, Vol. 5, No. 1, April 2021)

Nelty Khairiyah Danendi Suhendi Zen, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, (Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2017)

Nurhayati Hsy, Metode Pembinaan Akhlak Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauzi 1292–1352 M, (AlMutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, Vol. 18 No. 2. Juli-Desember 2021)

Nurul Hidayat, Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam, (Ta´Allum, Vol 3 No 02 : November 2015).

Rachmat Syafe´i, Al-Hadis Aqidah, Akhlak, Sosial, dan Hukum, (Cv Pustaka Setia, Bandung)

Reri Berlianti, Dkk, Implementasi Metode Pembiasaan pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Al-Qalam, Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Agama Islam, Volume 12, No,2 2020)

Sa´Id Bin Ali Bin Wahf Al-Qatthani, Edisi Indonesia, Pesan-Pesan Rasulullah Menjelang Wafat, (Darul Haq, Jakarta : 2012)

Syamsul Rizal, Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf, (Jurnal Edukasi Islami , Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol, 1 Thn 2010)

Tim Penusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1996)

Yunahar Ilyas, Kuliah Akhlaq, (Lembaga Pengkajian Dan Pengalaman Islam (Lppi) Jl. Lingkar Barat, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183)

Yundri Akhyar, Eli Sutrawati, Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak, (Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, Vol. 18 No. 2. Juli-Desember 2021)

Zakiah Daradjat, Dasar-Dasar Agama Islam, (Jakarta, Universitas Terbuka, 2002)

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Nazaruddin. (2024). Pembinaan Akhlak Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 213–226. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.169

Issue

Section

Articles