Model dan Tahapan Penelitian Kuantitatif: Pendekatan Teoretis dan Praktis dalam Kajian Pendidikan

Authors

  • Dela Fahiran Pandiangan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1494

Keywords:

Penelitian Kuantitatif, Model Penelitian, Pengumpulan Data

Abstract

Penelitian kuantitatif merupakan pendekatan ilmiah yang berkembang pesat dalam studi pendidikan dan ilmu sosial karena menawarkan keunggulan dalam hal objektivitas, pengukuran numerik, dan generalisasi hasil. Kajian ini disusun untuk mengulas secara teoritis mengenai konsep, karakteristik, model, tahapan, serta teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang bersifat deskriptif-analitis dengan sumber data berupa buku, jurnal ilmiah, dan dokumen relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa model penelitian kuantitatif mencakup survei, eksperimen, korelasional, dan kausal-komparatif, masing-masing dengan keunggulan metodologis tersendiri. Tahapan penelitian yang sistematis dan penggunaan instrumen terstandar seperti angket dan observasi terstruktur menjadi ciri khas dari pendekatan ini. Implikasi dari kajian ini memberikan pemahaman konseptual yang utuh bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti dalam menyusun desain penelitian kuantitatif yang valid, andal, dan dapat dijadikan rujukan akademik di bidang pendidikan

References

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapannya dalam penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyono, A. D. (2021). (Library research) Peranan pengembangan manajemen kinerja tenaga administrasi kesehatan terhadap peningkatan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas. Jurnal Ilmiah Pamenang, 3(2), 28–42. https://doi.org/10.53599/jip.v3i2.81

Danandjaja, J. (2014). Metode penelitian kepustakaan. Antropologi Indonesia.

Djollong, A. F. (2014). Teknik pelaksanaan penelitian kuantitatif (Technique of quantitative research). Istiqra’, 2(1), 86–100.

Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(1), 36–39.

Marinu Waruwu. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 2896–2910. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Muhajirin, Risnita, & Asrulla. (2024). 11+Gm+82-92. Journal Genta Mulia, 15(1), 82–92.

Murjani. (2022). Prosedur penelitian kuantitatif. E-Jurnal Al-Musthafa, 2(3), 43–56. https://doi.org/10.62552/ejam.v2i3.50

Pinton. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Mojokerto: Insight Mediatama.

Syahrizal, H., & Jailani, J. (2023). Metode penelitian dalam studi pendidikan Islam: Antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jurnal Studi Islam dan Pendidikan, 6(1), 14–28.

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Dela Fahiran Pandiangan, & Meyniar Albina. (2025). Model dan Tahapan Penelitian Kuantitatif: Pendekatan Teoretis dan Praktis dalam Kajian Pendidikan. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 724–730. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1494

Issue

Section

Articles