Pengaruh Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Berbantuan Liveworksheet Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.878Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) berbantuan Liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental designs yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes. Instrumen penelitian yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 2 Mrisi dengan populasi dan sampel peserta didik kelas V SD N 2 Mrisi. Teknik analisis data menggunakan uji statistic parametrik yaitu paired sample t-test dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran REACT berbantuan Liveworksheet memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa uji paired sample t – test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,00 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran REACT berbantuan Liveworksheet. Besarnya peningkatan diperoleh dari nilai N-Gain sebesar 0,5396 menunjukkan bahwa peningkatan yang terjadi berada dalam kategori sedang.
References
Agusti, L. N., Madeamin, R., & Khaltsum, U. (2024). Pengaruh Penerapan Model React Terhadap Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran. JRGI, 3(1), 39–50.
Astuti, A. P., Aziz, A., Sumarti, S. S., & Bharati, D. A. L. (2019). Preparing 21st Century Teachers: Implementation of 4C Character’s Pre-Service Teacher through Teaching Practice. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012109
Chusni, M. M., Saputro, S., Suranto, S., & Rahardjo, S. B. (2020). Review of critical thinking skill in indonesia: Preparation of the 21st century learner. Journal of Critical Reviews, 7(9), 1230–1235.
Farida, R., Suroyo, S., & Sekarwinahyu, M. (2023). the Influence of Strategy Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) on Science Learning Outcomes of Fifth Grade Elementary Students Viewed From Critical Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.26740/jppipa.v8n1.p1-10
Haetami, A., Judijanto, L., Dewi, A. E. R., Happy, N., Terok, F. S. R. P., & Jakob, J. C. (2024). The effect of REACT model implementation on learning outcomes and critical thinking skills of students of SMAN 9 KENDARI. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(13), 1–17. https://doi.org/10.24294/jipd7574
Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.
Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.
Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100
Ismayanti, W., Santosa, C. A. H. F., & Rafianti, I. (2022). Minat belajar, efikasi diri, dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 943–952.
Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.
Nismalasari, Santiani, & Rohmadi, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. EduSains : Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2), 74–94. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.511
Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 05(01), 86–96.
Putra, M., Rahman, A., Ilwandri, Suhayat, Y., Santosa, T. A., Putra, R., & Aprilisia, S. (2023). The Effect of STEM-Based REACT Model on Students’ Critical Thinking Skills: A Meta-Analysis Study. LITERACY : International Scientific Journals of Social, Education, Humanities, 2(1), 207–217. https://doi.org/10.56910/literacy.v2i1.560
Rahayu Fitri, Nasir, M., & Fakhruddin. (2023). Efforts to Improve Science Process and Collaboration Skills with the Implementation of the REACT Learning Model on Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 8301–8307. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.5170
Ranindita, M. R., Dewi, P. K., & Mahayukti, G. A. (2024). Optimalisasi Penggunaan Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Didactical Mathematics, 6(April), 109–118.
Raslan, G. (2023). Critical Thinking Skills Profile of High School Students in AP Chemistry Learning. BUiD Doctoral Research Conference 2022: Multidisciplinary Studies, 79–96.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Syafril. (2019). Statistik Pendidikan. Kencana.
Syamsuddin, N. S., Rasyid, M. R., Tayeb, T., Nur, F., & Baharuddin. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 6(1), 66–78. https://doi.org/10.24252/asma.v6i1.46656
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Prajna Restu Paramitha, Muhamad Afandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.