Penggunaan Media Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.886Abstract
Media pembelajaran memiliki peran penting dalam menarik minat, memotivasi siswa, serta mempermudah pemahaman terhadap materi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk menganalisis pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa media pembelajaran didefinisikan sebagai alat yang dapat menyalurkan informasi atau pesan instruksional yang digunakan untuk membantu proses belajar. Ada berbagai jenis media, seperti media visual, audio, dan audio-visual, yang masing-masing memiliki peran penting dalam menarik minat siswa, menghilangkan kebosanan, serta mempermudah pemahaman terhadap materi. Penggunaan media yang tepat juga membantu siswa lebih aktif dan kreatif, sehingga proses belajar lebih efektif dan efisien. Media pembelajaran juga berfungsi untuk memotivasi siswa, menyajikan informasi, dan mencapai tujuan pembelajaran. Bagi guru, media pembelajaran dapat membantu dalam merancang pembelajaran yang sistematis dan meningkatkan kualitas pengajaran
References
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Badan, W., Sumber, P., Manusia, D., Riau, P., Baru, P., & Riau, P. (2002). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. 3(14), 12.
Dita, P. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 73–85. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.679
Faqih, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 27– 34. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4556 Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam | Vol. 8, No. 2, 2023 DOI: http://dx.doi.org/10.33477/alt.v8i2.7847 E-ISSN: 2614-3860 12 Faujiah, N.,
Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.
Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.
Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.
Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27
Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Silahuddin, A. (2022). Pengenalan Klasifikasi, Karakteristik, Dan Fungsi Media Pembelajaran Ma Al-Huda Karang Melati. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI), 4(02 (Desember)), 162– 175.
Septiani. A.N, Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran. Jurnal Telekomunikasi, Kendala Dan Listrik, 3(2), 81–87. 9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Najwa Ammara Jauza, Meyniar Albina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.