Landasan Teori, Penelitian Relevan, Kerangka Berpikir Dan Hipotesis Penelitian Pendidikan

Authors

  • Haura Hanifah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Lathifa Salsabillah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Allisa Tazkia Fitri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Riska Mona Febriani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rully Hidayatullah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Harmonedi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.989

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis empat komponen utama dalam struktur penulisan penelitian pendidikan, yakni Landasan Teori, Penelitian Relevan, Kerangka Berpikir Dan Hipotesis Penelitian Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Pendekatan ini digunakan untuk menelusuri keterkaitan antar elemen utama dalam struktur penelitian pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak proposal penelitian pendidikan belum secara optimal mengintegrasikan keempat elemen penting dalam struktur penulisan. Ketidakterpaduan antara landasan teoritis, tinjauan studi relevan, kerangka konseptual, dan hipotesis menyebabkan lemahnya alur penalaran ilmiah. Temuan juga menunjukkan bahwa beberapa proposal hanya menonjolkan satu atau dua elemen, sementara elemen lainnya kurang mendapat perhatian. Kondisi ini menandakan perlunya pendekatan yang lebih holistik dalam menyusun proposal agar mampu mencerminkan kualitas akademik yang kuat. Studi ini menyimpulkan bahwa pemahaman yang mendalam dan pengembangan sistematis terhadap elemen-elemen ini sangat penting bagi peneliti pendidikan, khususnya pemula, untuk menghasilkan penelitian yang ketat dan berdampak

References

Abubakar, H. R. I. (2021). Pengantar metodologi penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Al Haddar, G., Kusumawati, I., Sa’adah, U., Siahaan, T. M., Efendi, R., & Hakim, A. R. (2023). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan.

Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, A., Yuliyani, L., Hildawati, H., Suarni, A., ... & Judijanto, L. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ariani, M., Hadiyatno, D., & Anam, H. H. (2024). Metodologi Penelitian: Langkah Mudah Menulis Skripsi dan Tesis. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Bado, B. (2022). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah.

Fathurokhmah, F. (2024). Metodologi Penelitian Komunikasi Kualitatif. Bumi Aksara.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Handoko, Y., Wijaya, H. A., & Lestari, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: media akademi.

Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21. Nusa Putra Press.

Ibrahim, D. (2015). Penelitian kualitatif. Journal Equilibrium, 5, 1-8.

Joen, S., Purnamawati, P., & Amiruddin, A. (2022). Kinerja Guru, Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru.

Jonker, J., & Wahyuni, S. (2024). Metodologi Penelitian: Panduan untuk master dan Ph. D. di bidang Manajemen. Penerbit Salemba.

Judijanto, L., Wibowo, G. A., Hakpantria, H., Nuryanneti, I., Apriyanto, A., Firdaus, A., ... & Efitra, E. (2024). Karya Tulis Ilmiah: Panduan Praktis Menyusun Karya Tulis Ilmiah. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kosasih, M. M. (2023). Database Publikasi Ilmiah Terindeks Nasional dan Internasional. Meningkatkan Mutu Open Journal System (OJS), 17.

Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal).

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama.

Nuzuli, A. K. (2022). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jejak Pustaka.

Pakpahan, A. F., Prasetio, A., Negara, E. S., Gurning, K., Situmorang, R. F. R., Tasnim, T., ... & Rantung, G. A. J. (2021). Metodologi penelitian ilmiah.

Priatna, T. (2017). Prosedur penelitian pendidikan.

Rahadi, D. R. (2020). Konsep Penelitian kualitatif plus tutorial NVivo. PT. Filda Fikrindo, Bogor.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rasyid, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Teori, Metode, dan Praktek.

Ratnaningtyas, E. M., Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Aminy, M. H., Saputra, N., & Jahja, A. S. (2023). Metodologi penelitian kualitatif. No. Januari. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Riswanto, A., Joko, J., Boari, Y., Taufik, M. Z., Irianto, I., Farid, A., ... & Ifadah, E. (2023). Metodologi Penelitian Ilmiah: Panduan Praktis Untuk Penelitian Berkualitas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sihotang, H. (2023). Metode penelitian kuantitatif.

Sitorus, M. (2011). Metodologi penelitian pendidikan Islam.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.

Soewardikoen, D. W. (2019). Metodologi Penelitian: Desain Komunikasi Visual. PT Kanisius.

Sutisna, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan. UNJ press.

Tahir, R., Anggraeni, A. F., Thamrin, S., Yulianti, M. L., Lestari, W., Wahidah, A. N., ... & Patria, T. M. (2023). METODOLOGI PENELITIAN: Teori, Masalah dan Kebijakan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ulfatin, N. (2022). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Winarni, E. W. (2021). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Yusuf, S. A., & Khasanah, U. (2019). Kajian literatur dan teori sosial dalam penelitian. Metode penelitian ekonomi syariah, 80, 1-23.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Haura Hanifah, Lathifa Salsabillah, Allisa Tazkia Fitri, Riska Mona Febriani, Rully Hidayatullah, & Harmonedi. (2025). Landasan Teori, Penelitian Relevan, Kerangka Berpikir Dan Hipotesis Penelitian Pendidikan. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 391–404. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.989

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)