Administrasi Pendidikan Era Society 5.0 Dan Relevansinya Terhadap Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia

Authors

  • Karmilawati UIN Imam Bonjol Padang
  • Ibnu Fikri UIN Imam Bonjol Padang
  • Khairul Ikhwan UIN Imam Bonjol Padang
  • Rully Hidayatullah UIN Imam Bonjol Padang
  • Harmonedi Institute Agama Islam Sumatra Barat Pariaman

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.342

Abstract

Guru memainkan peran yang efektif dalam menghadapi tantangan literasi di era Society 5.0. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran guru dalam meningkatkan literasi pada siswa. Penelitian ini adalah sebuah studi lapangan yang mengungkapkan dan menggali informasi tentang peran guru dalam meningkatkan literasi siswa di era society yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan apa adanya yang sesuai dengan kenyataan faktual yang ditemukan dilapangan dan jenis penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian ini dapat diutarakan bahwa upaya guru dalam meningkatkan literasi pada siswa 1. Guru harus memerankan metode yang bervariasi 2. Penanaman nilai-nilai agama di era digital 3. Kolaborasi wali kelas dan wali murid 4. Dapat menyesuaikan kondisi tanpa meninggalkan karakter akhlakul karimah 5. Meminjamkan modul ke siswa di awal semester. Dari hasil kajian dan penelitian guru memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi siswa di era Society 5.0. Peran guru tidak hanya sebagai penyalur pengetahuan, tetapi juga sebagai fasilitator pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan penerapan teknologi dalam berbagai konteks.

References

Ellitan, L. (2020). Competing in the era of industrial revolution 4.0 and society 5.0. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 10(1), 1-12.

Makalao, D. A. M., & Soeratin, H. Z. (2023). Peran Kepemimpinan Dalam Mengakselerasi Penanganan Korupsi di Era Digitalisasi 5.0 Dan Sosial Media. Journal of Islamic Education Leadership, 3(1), 28-50.

Rozi, A. F., Dewi, R. A., Fatah, I. K., Mahmud, M., & Madekhan, M. (2022). Urgensi Pendidikan Islam Non-Dikotomi Di Era Society 5.0. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 92-102.

Resufle, A. H., & Rofiki, M. (2022). Management of islamic education in the challenges of society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4584-4593.

Saputra, M., & Murdani, M. (2023). Society 5.0 sebagai Tantangan Terhadap Pendidikan Islam. ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education, 1(2), 132-145.

Jannah, M., Shafika, N., Parsetyo, E. B., & Habib, S. (2023). Transformasi Digital Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Peluang Dan Tantangan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 5(1), 131-140.

Ahmadi, Farid, and Hamidulloh Ibda. Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. CV. Pilar Nusantara, 2019.

Apriyanti, Yesi Okta, et al. ILMU MANAJEMEN PENDIDIKAN: Teori dan praktek mengelola Lembaga Pendidikan Era Industri 4.0 & Soceity 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Ridho, Ahmad, et al. "Implementasi pendidikan multikutural berbasis teknologi dalam menghadapi era society 5.0." EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 7.3 (2022): 195-213.

Muntashir, M. S., Nurdin, N., & Syahid, A. (2024). Pendidikan Islam dan Transformasi Digital: Peran Education Technology untuk Meningkatkan Akses dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society (KIIIES) 5.0, 3(1), 361-366.

Yani, Juli, and Fitri Endang Srimulat. Administrasi pendidikan. CV. Tatakata Grafika, 2023.

Redhana, I. Wayan. LITERASI DIGITAL: PEDOMAN MENGHADAPI SOCIETY 5.0. Samudra Biru, 2024.

Hidayat, R., & Wijaya, C. (2016). Ilmu pendidikan Islam: menuntun arah pendidikan Islam di Indonesia. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Lihayati, N. (2021). Kerjasama Kepala Sekolah, Guru BK, dan Guru Kelas dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Selama Masa Pandemi Covid-19 di MTsN 2 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).).

Jadidah, I. T., Rahayu, A., Bella, H. S., Julinda, J., & Anggraini, T. W. (2023). Pengaruh Media Digital Terhadap Sosial Budaya Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(04), 253-268

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Karmilawati, Ibnu Fikri, Khairul Ikhwan, Rully Hidayatullah, & Harmonedi. (2024). Administrasi Pendidikan Era Society 5.0 Dan Relevansinya Terhadap Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 98–106. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.342

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)