Analisis Kewajiban Menuntut Ilmu Dalam Islam Perpspektif Al-Qur’an Dan Hadis
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.834Abstract
Agama Islam adalah agama yang sangat memberikan perhatian penuh terhadap ilmu pengetahuan. peneliti bertujuan untuk memberi gambaran tentang urgensi ilmu pengetahuan bagi manusia dan kewajiban mereka untuk menuntutnya, beserta tipologi kategori ilmu pengetahuan dalam hubungannya dengan orang mukallaf. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Mencari ilmu merupakan kewajiban fundamental dalam Islam yang ditegaskan dalam Al-Quran dan hadis. Agama Islam sangat mendorong umatnya untuk senantiasa menuntut ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum. Hal ini karena ilmu adalah kunci untuk memahami alam semesta, meningkatkan kualitas hidup, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan menuntut ilmu, seorang Muslim dapat menjalankan perannya sebagai khalifah di muka bumi dengan lebih baik, serta berkontribusi dalam kemajuan peradaban manusia. Kewajiban mencari ilmu tidak hanya berlaku bagi individu, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama dalam masyarakat Islam. Masyarakat yang berilmu akan lebih maju, sejahtera, dan mampu menghadapi berbagai tantangan zaman.
References
Amrullah, Abd Karim. (2020). Keutamaan Ilmu dan Adab dalam Persefektif Islam. At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 33–46. Retrieved from www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id
Ayu Indarwati, Listiana, Syahrani Adisti Bana, Maya, Perwitasari, Anggie, Shidqi Aghnia, Maulana, & Husna, Difa’ul. (2023). Kedudukan Guru dalam Perspektif Islam. Arus Jurnal Psikologi Dan Pendidikan, 2(2), 190–194. https://doi.org/10.57250/ajpp.v2i2.219
Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.
Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.
Fadilah, Syifa Nur. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057
Fikri, Muslim, & Munfarida, Elya. (2023). Konstruksi Berpikir Kritis dalam Pendidikan Islam : Analisis Tafsir Maudhu ’ i Berdasarkan Al- Qur ’ an. Jurnal Pendidikan Agama Islam: Al-Thariqah, 8(1), 108–120. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11469
Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.
Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.
Hariyati, Mutty, & Fistiyanti, Isna. (2017). Sejarah klasifikasi ilmu-ilmu keislaman dan perkembangannya dalam Ilmu Perpustakaan - Repository UIN Sunan Ampel Surabaya. Pustakaloka, 9(1). Retrieved from http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/952/
Hudan, Ivan Safril, Rijianto Tri. (2019). Rancang Bangun Sistem Monitoring Daya Listrik Pada Kamar Kos Berbasis Internet of Things ( Iot ). Jurnal Teknik ELEKTRO, 08(01), 91–99.
Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.
Mardiya, Zakiyatul, Sofa, Ainur Rofiq, Islam, Universitas, Hasan, Zainul, & Probolinggo, Genggong. (2025). Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Perspektif Islam di Kehidupan Modern : Tantangan , Peluang , dan Pengaruh Teknologi dalam Pembentukan Karakter di Era Digital. 4.
Maslani, Yulianti, Ferina, & Tauviqillah, Ahmad. (2023). Urgensi Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan Islam: Kajian Konseptual Hadits-Hadits Tarbawi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 236–254. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.9320
Muhammad, Husein. (2014). Islam dan Pendidikan Perempuan. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 231. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.32.231-244
Maimunah, P. H. H., Minnah, E. W., & Su’aidi. (2023). Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 99–108.
Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.
Nabila, Ayudiyah, Nadya, Khansa, Zuvanto, M. Raffi, Fahreza, Muhammad Bryan, Laksana, Rafi, Moon, Shaum, & Mayasari, Fitria. (2025). Bahaya Syirik dan Dampak Negatif dalam Kehidupan Modern Universitas Muhammadiyah Riau , Indonesia.
Oktrigana Wirian. (2017). Kewajiban Belajar dalam Hadis Rasulullah Saw. Sabilarrasyad, II(02), 120–137.
Patahilah, Fauzi, & Mauludin, Muhamad Idrus. (2024). Pendampingan Manajemen Masjid Al Hasyimi Sebagai Pusat Spiritual dan Intelektual Mahasantri Pesantren Mahasiswa IUQI Bogor. Rayah Al-Islam, 8(3), 834–850. https://doi.org/10.37274/rais.v8i3.1020
Radith, Muhammad, & Raga, Putra. (2024). Kontribusi Islam Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan Di Dunia. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(3), 562–570. Retrieved from https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/article/view/1037
Retnowati, Eli, Darmawan, Didit, Putra, Arif Rachman, Putra, Riyan Sisiawan, & Issalillah, Fayola. (2023). Pengaruh Modal Psikologis, Kualitas Kehidupan Kerja, Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Baruna Horizon, 6(1), 31–38. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v6i1.94
Sakti, Hadi gunawan. (2017). Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Jurnal Realita, 2(2), 325–344.
Sayid, Qutub. (2011). Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan dalam Al-Qur’an dan Hadist. Humaniora, 2(9), 1339–1350.
Setianingsih, Eka Sari. (2019). Wabah Gaya Hidup Hedonisme Mengancam Moral Anak. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 8(2), 130. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i2.2844
Sofa, Ainur Rofiq. (2024). Refleksitas Iman dan Ilmu Serta Apresiasinya Berdasarkan Studi Al- Qur ’ an dan Al-Hadits. (1).
Sukma Anggreini, Inggita, Muhyi, Muhammad, & Ketut, I. (2023). Hakikat Ilmu Dan Pengetahuan Dalam Kajian Filsafat Ilmu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 396–402. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.8310477
Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.
Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.
Wastiyah, Lilik Jauharotul. (2020). Peran Manajemen Dakwah di Era Globalisasi (Sebuah Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Tantangan). Idarotuna, 3(1), 1. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v3i1.10904
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lingga Fahrurrosi, M.Taufik Ismail Siregar, Abadullah Hilmi Az-Zuhdy, Hesim Muzedi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.