Integrasi Teknologi Informasi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia; Pendekatan Teori Difusi Inovasi M.Rogers
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.437Abstract
Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari aktivitas manusia dan pelaksanaannya akan selalu berdampak pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan integrasi teknologi informasi dalam kurikulum pendidikan agama Islam di Indonesia dengan menggunakan pendekatan teori difusi inovasi M. Rogers. Melalui pendekatan kualitatif dan studi kepustakaan (library research), penelitian ini mengeksplorasi bagaimana teknologi informasi dapat diadopsi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia. Teori difusi inovasi digunakan untuk memahami proses penyebaran dan penerimaan teknologi dalam pendidikan agama, dengan fokus pada faktor-faktor yang memengaruhi adopsi teknologi oleh guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknologi informasi memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, tantangan seperti kesesuaian materi dengan nilai-nilai Islam, keterbatasan infrastruktur, dan resistensi terhadap perubahan perlu diatasi. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya peran guru dalam memfasilitasi adopsi teknologi dan memastikan penerapannya sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam.
References
A.R, S. (2019). Guru Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Tadris : Jurnal Pendidikan Islam.
Hamami, L. A. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 23-36.
Hikmawati, F. (2020). Metodelogi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Iis Mulyati, M. M. (2023). Proses Difusi Inovasi dalam Penerapan Metode Pengajaran Baru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2425-2433.
Istikomah, D. (2017). Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal. Annual International Confrence Islamic Studies (AICIS). Sidoarjo.
Mufidaj, D. (n.d.). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dan Penguatan Pendidikan Karakter.
Nasution, Y. (2024). Integrasi Teknologi dan Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan , 336-344.
Noorzanah. (2017). Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Jurnal KOpertais Wilayah XI Kalimantan .
Nuryana. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. Tamaddun; Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 75-86.
Priambada, M. N. (2024). Peran Teknologi Informasi dalam Implementasi Kurikulum PAI di SMA Negeri 1 Sanggata Utara. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 172-187.
Rasyid, F. (2022). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Kediri: IAIN Kediri Press.
Ridwan, R. (2022). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Industri 4.0 . proceedings Series on Social Sciences & Humanities, (pp. 23-26).
Rusdi, R. (2017). Kurikulum Perencanaan, Implementasi, Evaluasi, Inovasi dan Riset. Bandung: Alfabeta, CV.
Rusdiana, A. (2014). Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan Teknologi.
Sahir, S. H. (2022). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Salsabila, U. H. (2024). Integrasi Teknologi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ihsan Pendidikan Islam, 136-147.
Sitika, A. J. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 33-38.
Sutono, D. M. (n.d.). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dan Penguatan Pendidikan Karakter. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
Wathon, D. L. (2018). Integrasi Pendidikan Islam dan Sains. Ponorogo: CV Uwais Inspirasi Indonesia Ponorogo.
Yulita, H. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas dan motivasi mahasiswa dalam menggunakan Metode Pembelajaran E-Learning. Business Management Journal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ardha Zahro Nareswari, Hafidz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.