Pengembangan Media Pembelajaran Kreatif Dan Interaktif Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.433Abstract
Pendidikan sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa karena memberikan masyarakat nilai-nilai, pengetahuan, dan kemampuan yang mereka butuhkan untuk menghadapi kesulitan-kesulitan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran kreatif dan interaktif melalui teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa inovasi media pembelajaran berbasis TIK sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan menggunakan berbagai alat dan teknologi, seperti platform e-learning, video pembelajaran, gamifikasi, dan AR/VR, proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif dan menarik. Pendekatan ini membantu siswa meningkatkan keterampilan digital mereka sekaligus memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel. Hasilnya, penggunaan TIK dalam pendidikan dapat berkontribusi pada pengembangan lingkungan belajar yang lebih efisien dan kontemporer.
References
Alhassan, M., & Al-Busaidi, K. (2020). "The Impact of Technology on Education: A Review." International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1), 1-10.
Huang, Y., & Liu, D. (2020). "The Effects of Augmented Reality on Learning Outcomes: A Meta-Analysis." Journal of Educational Technology & Society, 23(2), 85-95.
Abdul Kadir dan Terra Ch. Triwahyuni (2013). Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.
Arsyad A. (2014). Manfaat Media Pembelajaran. Media Pembelajaran.Retrieved from jakarta: Rajawali Press
Azhar Arsyad (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo
Chandra, V. (2014). The Impact of ICT in Education: A Review of Research. International Journal of Engineering Research and Technology, 3(2), 1-6.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge?. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60-70.
Davis, N., & Roblyer, M. D. (2005). Preparing Teachers for the Challenges of Educational Technology. Journal of Educational Computing Research, 32(4), 357-375.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Fitriah Khusnul Khotimah, Hafidz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.