Pandangan Filsafat Islam Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan; Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Al-Farabi
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i3.367Abstract
Pendidikan perspektif Islam tidak hanya bertujuan mengembangkan intelektualitas, tapi juga membentuk karakter dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pandangan filsafat islam terhadap pendidikan ilmu pengetahuan; analisis pemikiran ibnu sina dan al-farabi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Ibnu Sina dan Al-Farabi memiliki implikasi besar terhadap pengembangan pendidikan Islam saat ini. Dengan pendekatan integratif ini, diharapkan dapat menghasilkan individu yang tidak hanya berilmu tetapi juga berakhlak mulia. Pendidikan dalam konteks ini tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan individu yang berilmu, tetapi juga yang memiliki akhlak yang baik, selaras dengan prinsip-prinsip Islam. Dengan demikian, pendidikan Islam dapat berkontribusi pada kemajuan peradaban umat manusia secara keseluruhan.
References
Abd Karim, Teori Emanasi: Studi Komparatif Al-Farabi dan Ibnu Sina (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2020).
Agung Setiyawan, "Konsep Pendidikan Menurut AL-Ghazali Dan AL-Farabi (Studi Komparasi Pemikiran)", Tarbiyah, Vol. 13, No.1, 2016.
Ahmad Hasan, Pemikiran Pendidikan Al-Farabi dan Ibnu Sina (Jakarta: Pustaka Ilmu, 2020).
Ali Rahman Dkk, Integrasi Pemikiran Islam dalam Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019).
Bahrul Ulum, Filsafat Metafisika: Dari Plato hingga Aristoteles (Jakarta: Hidayatullah Press, 2021).
Budi Santoso, “Analisis Pemikiran Pendidikan Al-Farabi dalam Konteks Modern,” (Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta, 2021).
Herman et al. Pemikiran Filosof Al-Farabi dan Ibnu Sina, 2024.
Idris Rasyid, Konsep Pendidikan Ibnu Sina (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press, 2019).
M wiyono Pemikiran filsafat Al-Farabi Vol 18, N0 1, (2016).
Muhammad Akbar Herman, Dkk. Pemikiran Filosof Al-Farabi dan Ibnu Sina, jurnal penelitian ilmu-ilmu social, vol 1, No 6 ,2024.
Muhammad Iqbal, “Filsafat Metafisika dalam Pemikiran Islam,” Al-Hadi 5, no. 1 (2020).
Murid-murid Al-Farabi, "Al-Farabi dan Ibn Sina (Kajian Filsafat Emanasi dan Jiwa)", Jurnal Pancabudi , Volume 4 No.2, 2023.
Pusat Jurnal Uin Ar-Raniry. Pemikiran Filsafat Al-farabi , 2023.
Rizki Ramadhan, “Dualisme Plato dan Sintesis Aristoteles dalam Pemikiran Filsafat,” Jurnal Filsafat 12, no. 1 (2020).
Robin Sirait, “Konsep Metafisika Perspektif Ibnu Sina dalam Filsafat Pendidikan Islam,” Jurnal Hikmah 10, no. 2 (2021).
Suprapto, Hadi. Al-Farabi dan Ibnu Sina (Kajian Filsafat Emanasi dan Jiwa), 2017.
Syarifuddin, "Konsep Pendidikan Menurut Al-Farabi", Jurnal Pemikiran Keislaman, Vol. 25, No. 2 (2014).
Wakhid, Rijal. Ontologi dan Klasifikasi Ilmu (Analisis Pemikiran al-Farabi), 2020.
Zar Sirajuddin Filsafat Islam Filosof dan Filsafatnya, Jakarta: Rajawali Pers , 2012.
Zar Sirajuddin Filsafat Islam Filosof dan Filsafatnya, Jakarta: Rajawali Pers , (2012).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Rosetya Viera P, Widya Lestari, Rahmi Alya, Herlini Puspika Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.