Filsafat Pendidikan Ibnu Khaldun; Relevansi dalam Konteks Pendidikan Modern
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.359Abstract
Pandangan Ibnu Khaldun yang mendalam tentang sejarah, masyarakat, dan manusia, telah merumuskan filsafat pendidikan yang komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi filsafat pendidikan Ibnu Khaldun dalam konteks pendidikan modern. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, penelitian kepustakaan merupakan suatu penelusuran dan penelitian dengan metode membaca dan menelaah berbagai jurnal, buku, dan berbagai naskah terbitan lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian. Pada penelitian ini tidak terdapat lokasi penelitian, karena seluruh data diambil dari jurnal, buku, dan proseding ilmiah. Hasil penelitian ini dapat diutarakan bahwa di era modern ini, para guru dituntut untuk melakukan variasi terhadap metode pembelajarannya. Sedangkan metode yang digagas oleh Ibnu Khaldun masih sangat relevan bila diterapkan pada pendidikan era modern karena metode yang digagas beliau tidak hanya berorientasi pada teori saja, namun ada penekanan lebih terhadap praktik, sehingga akan lebih baik jika keduanya seimbang. Ibnu Khaldun menawarkan berbagai konsep terkait tujuan, metode, kurikulum, serta peran pendidik dan peserta didik yang dapat menjadi landasan yang kokoh bagi pengembangan sistem pendidikan nasional. Konsep tersebut menekankan pentingnya integrasi antara nilai-nilai agama dan realitas kehidupan sehari-hari, serta pemecahan masalah yang dihadapi umat Muslim.
References
Adina, R. N., & Wantini. (2023). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun pada Pendidikan Islam Era Modern. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 315.
Akbar, T. S. (2015). Manusia Dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibn Khaldun Dan John Dewey. Jurnal Ilmiah Didaktika, 222-243.
Almanaf. (2020). Pemikiran Ibnu Khaldun tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan Dunia Modern. Jurnal Tarbawi, 17(1), 32-44.
Aris. (2023). Filsafat Pendidikan Islam. Cirebon: Penerbit Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Bahy, M. B., & Taufiq, M. A. (2023). Implications of Islamic Education Perspective of Ibnu Khaldun in Elementary Schools. AL-MUDARRIS : Journal of Education, 6(2), 114.
Daulay, H. P. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun. Jurnal Islamika Granada, 1(2), 54.
Hanum, A. (2021). Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Ibnu Khaldun terhadap Konsep Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 12.
Hermawan, H. (2012). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.
Hidayanti, P. N., Sa'diyah, M., & Bahy, M. A. (2022). Pendidikan dalam Perspektif Ibnu Khaldun . Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam , 207-222 .
Hidayat, S., & Wakhidah, A. N. (2015). Konsep Pendidikan Islam Khaldun : Relevansinya terhadap Pendidikan Nasional. PROFETIKA: Jurnal Islam, 16(1), 97.
Khumaidah, S. (2019). Perbandingan Pemikiran Ibnu Khaldun dan Al-Ghazali tentang Pendidikan Islam dan Relevansinya terhadap Pendidikan di Indonesia. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 4(2), 151.
Kosim, M. (2012). Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun: Kritis, Humanis dan Religius. Jakarta: Rineka Cipta.
Nahrowi, M. (2018). Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Ibnu Khaldun. Falasifa, 9(2), 86.
Nasution, I. Z. (2020). Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun. INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM , 69-83.
Nurandriani, R., & Alghazali, S. (2022). Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI), 31.
Pasiska. (2019). Epistemologi Metode Pendidikan Islam Ibnu Khaldun. el-Ghiroh, 142.
Rahmah, E. N. (2019). KONSEP METODE PEMBELAJARAN PERSPEKTIF IBNU KHALDȖN SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MASA KINI . Alim : Journal of Islamic Education, 91-118.
Rohmah, S. (2014). Relevansi Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun dengan Pendidikan Modern. Forum Tarbiyah, 10(2), 269-280.
Sofian, M. (2017). Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Ibnu Khaldun dan Relevansinya terhadap UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003. Jurnal Tawazun, 10(2), 302.
Sunhaji. (2015). Konsep Pendidikan Islam menurut Ibnu Khaldun. Insania, 20(2), 156.
Syar'i, A. (2020). Filsafat Pendidikan Islam. Kalimantan Tengah: CV. Narasi Nara.
Zuhairini. (2022). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ridwan Saleh, Ibrah Safirah, Herlini Puspika Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.