Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur'an dan Hadis
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.365Abstract
Pendidikan Islam yang berlandaskan nilai-nilai Al-Qur'an dan Hadis berperan krusial dalam membentuk karakter masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran pendidikan islam dalam pembentukan karakter masyarakat berbasis nilai-nilai alquran dan hadis. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka yang meliputi pengumpulan dan analisis kritis dari berbagai literatur untuk mendukung proposisi yang diajukan. Hasil penelitianini dapat diutarakan bahwa karakter, yang mencakup pola pikir dan perilaku individu, dapat dibentuk melalui pendidikan karakter yang bertujuan menanamkan nilai-nilai moral dan etika, sehingga menciptakan individu yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Nilai-nilai Al-Qur'an dan Hadis berperan krusial dalam pembentukan karakter moral individu dengan memberikan pedoman etika dan teladan perilaku, sehingga memungkinkan pengembangan pribadi yang berakhlak mulia dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat. Implementasi nilai-nilai Qur'ani dalam kehidupan sehari-hari, melalui pendidikan Islam, keluarga, dan masyarakat, sangat penting untuk membentuk karakter individu yang beretika, harmonis, dan bertanggung jawab dalam menghadapi tantangan zaman modern. Lembaga pendidikan Islam di Indonesia, melalui integrasi nilai-nilai keislaman dalam kurikulum dan kolaborasi antara pesantren, madrasah, dan keluarga, memainkan peran krusial dalam membentuk generasi yang berkualitas dan berkarakter Islami, meskipun menghadapi tantangan globalisasi dan media sosial.
References
Abd, M. (2016). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an. Nuansa, 13, 6.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ahmad, T. (2020). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 17–34. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i1.97
Akhwan, M. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. El-Tarbawi, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art6
Aladdiin, H. M. F. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/6417
Astuti, M., Hidayati, A., & Sunandar, A. R. (2024). Pendidikan Islam dan Perannya Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa. 12(1), 77–88.
Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 19–31. https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i1.4915
Hilda, A. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 81–109. https://doi.org/10.46773/muaddib.v2i2.84
Karolina, A. (2017). Rekonstruksi Pendidikan Islam Berbasis Pembentukan Karakter: Dari Konsep Menuju Internalisasi Nilai-Nilai Al-Quran. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.2841
Lc, M. (2017). Konsep Pendidikan Karakter. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 29–57. http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/200
Munawir, M., Alfiana, F., & Pambayun, S. P. (2024). Menyongsong Masa Depan: Transformasi Karakter Siswa Generasi Alpha Melalui Pendidikan Islam yang Berbasis Al-Qur’an. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.628
Pratama, J., Indrawan, T. O., Muddin, A. F., & Wismanto, W. (2024). Analisis Makna dan Kriteria Sukses Menurut Al-Qur’an. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 306–316. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.178
Ramdani, C., Miftahudin, U., & Latif, A. (2023). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 12–20. https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/download/103/82/261
Ritonga, M. S. (2016). Cara Mengimplementasikan Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Kehidupan. Jurnal Al-Ashriyyah, 2(1), 97–116.
Sari, M., & Haris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1(1), 54–71. https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48
Siti Rohmah. (2019). Konsep Membentuk Karakter Anak Berbasis Al-Qur’an. Jurnal Qiro’ah, 9(1), 40–69. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/view/95
Syafe’i, I. (2017). Mastuhu, 1994. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 61–82.
Wardani, K. (2010). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. November, 8–10.
Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal Taujih Jurnal Pendidikan Islam, 14(01), 78–90.
Zahwa Putri Naila, Z., Soffia, S., Nurul Azizah, I., Pramudya Ibni, N., & Hudi, I. (2024). Prinsip- Prinsip Dasar Ilmu Pendidikan Islam Berbasis Al Qur’an Dan Sunnah Dalam Peningkatan Kualitas Pengajaran. JAMPI: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 65–77. https://doi.org/10.62058/jampi.v1i1.25
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Hafizatul Wahyuni Zain, Erna Wilis, Syarkani, Herlini Puspika Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.