Peran Al-Qur’an Dalam Membentuk Pendidikan Peserta Didik di Rumah Tahfidz Kepenuhan Barat Seroja
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2544Keywords:
Al-Qur’an, Pendidikan Karakter, Rumah Tahfidz, Peserta DidikAbstract
Kehidupan modern telah membawa kemajuan teknologi yang luar biasa, namun di sisi lain, nilai-nilai moral dan spiritual mulai mengalami erosi di kalangan peserta didik. Banyak anak yang cerdas secara intelektual tetapi kehilangan arah dalam membangun kepribadian dan akhlak. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran Al-Qur’an dalam membentuk pendidikan karakter peserta didik di Rumah Tahfidz Kepenuhan Barat Seroja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pengelola, ustadz/ustadzah, serta peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai Qur’ani melalui kegiatan tahfidz, pembinaan akhlak, dan pembiasaan ibadah harian membentuk disiplin, tanggung jawab, serta karakter religius yang kuat. Implikasinya, Rumah Tahfidz menjadi model pendidikan Qur’ani yang mampu menjawab tantangan moral generasi modern dengan menanamkan nilai spiritual dan etika secara menyeluruh
References
Al-Attas, S. M. N. (1979). Islam and secularism. Kuala Lumpur: ABIM.
Al-Ghazali, M. (2003). Ihya’ Ulumuddin. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Arifin, M. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/jpii.v4i2.513
Djunaid, H. (2014). Konsep pendidikan dalam Al-Qur’an. Lentera Pendidikan, 1(7), 39–150.
Hendra, L., Darmila, L., & Banurea, S. (2024). Rumah Tahfidz: Pembentukan sistem pembelajaran Islam berbasis hafalan dan dampak psikologis pada anak didik. ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru, 1(2), 78–87.
Kesuma, D. (2011). Pendidikan karakter: Kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.
Nasir, M. (2020). Internalisasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam pendidikan karakter. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 25–38. https://doi.org/10.21093/tarbawi.v17i1.2450
Sari, N., & Syam, M. (2022). Implementasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Al-Qur’an pada lembaga tahfidz. Jurnal Studi Islam dan Pendidikan, 7(1), 45–57. https://doi.org/10.21009/jsip.v7i1.1122
Zamakhsyari, D. (2018). Nilai-nilai moral dalam pendidikan Islam dan relevansinya terhadap pembentukan karakter siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 23(2), 175–188.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vivy Alvionika, Syamzaimar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








This work is licensed under a