Peran Al-Qur’an Dalam Membentuk Pendidikan Peserta Didik di Rumah Tahfidz Kepenuhan Barat Seroja

Authors

  • Vivy Alvionika Institut Sains Al-Quran Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian
  • Syamzaimar Institut Sains Al Qur`an Syekh Ibrahim Pasir Pangaraian

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2544

Keywords:

Al-Qur’an, Pendidikan Karakter, Rumah Tahfidz, Peserta Didik

Abstract

Kehidupan modern telah membawa kemajuan teknologi yang luar biasa, namun di sisi lain, nilai-nilai moral dan spiritual mulai mengalami erosi di kalangan peserta didik. Banyak anak yang cerdas secara intelektual tetapi kehilangan arah dalam membangun kepribadian dan akhlak. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran Al-Qur’an dalam membentuk pendidikan karakter peserta didik di Rumah Tahfidz Kepenuhan Barat Seroja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pengelola, ustadz/ustadzah, serta peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai Qur’ani melalui kegiatan tahfidz, pembinaan akhlak, dan pembiasaan ibadah harian membentuk disiplin, tanggung jawab, serta karakter religius yang kuat. Implikasinya, Rumah Tahfidz menjadi model pendidikan Qur’ani yang mampu menjawab tantangan moral generasi modern dengan menanamkan nilai spiritual dan etika secara menyeluruh

References

Al-Attas, S. M. N. (1979). Islam and secularism. Kuala Lumpur: ABIM.

Al-Ghazali, M. (2003). Ihya’ Ulumuddin. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Arifin, M. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/jpii.v4i2.513

Djunaid, H. (2014). Konsep pendidikan dalam Al-Qur’an. Lentera Pendidikan, 1(7), 39–150.

Hendra, L., Darmila, L., & Banurea, S. (2024). Rumah Tahfidz: Pembentukan sistem pembelajaran Islam berbasis hafalan dan dampak psikologis pada anak didik. ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru, 1(2), 78–87.

Kesuma, D. (2011). Pendidikan karakter: Kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.

Nasir, M. (2020). Internalisasi nilai-nilai Al-Qur’an dalam pendidikan karakter. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 25–38. https://doi.org/10.21093/tarbawi.v17i1.2450

Sari, N., & Syam, M. (2022). Implementasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Al-Qur’an pada lembaga tahfidz. Jurnal Studi Islam dan Pendidikan, 7(1), 45–57. https://doi.org/10.21009/jsip.v7i1.1122

Zamakhsyari, D. (2018). Nilai-nilai moral dalam pendidikan Islam dan relevansinya terhadap pembentukan karakter siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 23(2), 175–188.

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Vivy Alvionika, & Syamzaimar. (2025). Peran Al-Qur’an Dalam Membentuk Pendidikan Peserta Didik di Rumah Tahfidz Kepenuhan Barat Seroja . IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 1130–1135. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2544

Issue

Section

Articles