Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Addini Kecamatan Medan Tembung

Authors

  • Muzdalifah Rohami Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dela Fahiran Pandiangan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dio Anugrah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.736

Abstract

Problem based learning merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada proses pemecahan masalah sebagai sarana utama dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MIS) Addini Kecamatan Medan Tembung. Penelitian ini menggunakan desain studi kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait penerapan PBL di kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah atas yang dipilih secara purposif, serta guru sebagai fasilitator PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Para siswa menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap konsep-konsep kompleks, serta menjadi lebih mandiri dalam proses belajar. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator sangat penting untuk mengarahkan diskusi, menjaga dinamika kelompok, dan memfasilitasi pencarian informasi. Kendala yang dihadapi dalam implementasi problem based learning meliputi alokasi waktu yang lebih panjang dan kebutuhan akan keterampilan fasilitasi yang lebih baik bagi guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfia, S., & Nadlif, A. (2023). Application of Problem Based Learning in Grade 3 Islamic Religious Education Lessons on Disgraceful Morals in Elementary Schools. Indonesian Journal of Education Methods Development, 18(2), 1–9. https://doi.org/10.21070/ijemd.v22i.733

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Branch, R. M. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.

Demirel, M., & Dağyar, M. (2016). Effects of Problem-Based Learning on Attitude: A Meta-analysis Study. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(8), 2115–2137. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1293a

Frandani, M., Yuhdi, Y., Abdul Aziz, H., Riska, R., & Irmayanti, M. (2024). Urgensi pendidikan adab dan akhlak di sekolah dasar menuju generasi emas 2045. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 123–133. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.7263

Funa, A. A., & Prudente, M. S. (2021). Effectiveness of problem-based learning on secondary students’ achievement in science: A meta-analysis. International Journal of Instruction, 14(4), 69–84. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1445a

Hung, W. (2011). Theory to reality: A few issues in implementing problem-based learning. Educational Technology Research and Development, 59(4), 529–552. https://doi.org/10.1007/s11423-011-9198-1

Ramadhan, R. A., & Setiawan, H. R. (2022). Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Akhlak Siswa di Sekolah SMA Swasta PAB 8 Saentis. Jurnal Edumaniora, 01(02), 263–268.

Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 190–220. https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497

Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara, Sosial Humaniora, 9(2), 57–65.

Uluçinar, U. (2023). The Effect of Problem-Based Learning in Science Education on Academic Achievement: A Meta-Analytical Study. Science Education International, 34(2), 72–85. https://doi.org/10.33828/sei.v34.i2.1

Walker, A., & Leary, H. (2009). A Problem Based Learning Meta Analysis: Differences Across Problem Types, Implementation Types, Disciplines, and Assessment Levels. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 3(1), 3–24. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1061

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Muzdalifah Rohami Harahap, Arlina, Dela Fahiran Pandiangan, & Dio Anugrah. (2025). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Addini Kecamatan Medan Tembung. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(1), 163–171. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.736

Issue

Section

Articles