Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Addini Kecamatan Medan Tembung
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.736Abstract
Problem based learning merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada proses pemecahan masalah sebagai sarana utama dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MIS) Addini Kecamatan Medan Tembung. Penelitian ini menggunakan desain studi kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait penerapan PBL di kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah atas yang dipilih secara purposif, serta guru sebagai fasilitator PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Para siswa menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap konsep-konsep kompleks, serta menjadi lebih mandiri dalam proses belajar. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator sangat penting untuk mengarahkan diskusi, menjaga dinamika kelompok, dan memfasilitasi pencarian informasi. Kendala yang dihadapi dalam implementasi problem based learning meliputi alokasi waktu yang lebih panjang dan kebutuhan akan keterampilan fasilitasi yang lebih baik bagi guru.
Downloads
References
Alfia, S., & Nadlif, A. (2023). Application of Problem Based Learning in Grade 3 Islamic Religious Education Lessons on Disgraceful Morals in Elementary Schools. Indonesian Journal of Education Methods Development, 18(2), 1–9. https://doi.org/10.21070/ijemd.v22i.733
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415
Branch, R. M. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.
Demirel, M., & Dağyar, M. (2016). Effects of Problem-Based Learning on Attitude: A Meta-analysis Study. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(8), 2115–2137. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1293a
Frandani, M., Yuhdi, Y., Abdul Aziz, H., Riska, R., & Irmayanti, M. (2024). Urgensi pendidikan adab dan akhlak di sekolah dasar menuju generasi emas 2045. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 123–133. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.7263
Funa, A. A., & Prudente, M. S. (2021). Effectiveness of problem-based learning on secondary students’ achievement in science: A meta-analysis. International Journal of Instruction, 14(4), 69–84. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1445a
Hung, W. (2011). Theory to reality: A few issues in implementing problem-based learning. Educational Technology Research and Development, 59(4), 529–552. https://doi.org/10.1007/s11423-011-9198-1
Ramadhan, R. A., & Setiawan, H. R. (2022). Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Akhlak Siswa di Sekolah SMA Swasta PAB 8 Saentis. Jurnal Edumaniora, 01(02), 263–268.
Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 190–220. https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497
Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara, Sosial Humaniora, 9(2), 57–65.
Uluçinar, U. (2023). The Effect of Problem-Based Learning in Science Education on Academic Achievement: A Meta-Analytical Study. Science Education International, 34(2), 72–85. https://doi.org/10.33828/sei.v34.i2.1
Walker, A., & Leary, H. (2009). A Problem Based Learning Meta Analysis: Differences Across Problem Types, Implementation Types, Disciplines, and Assessment Levels. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 3(1), 3–24. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1061
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muzdalifah Rohami Harahap, Arlina, Dela Fahiran Pandiangan, Dio Anugrah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.