Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Hidayah Medan

Authors

  • Novia Ananda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rivansyah Hakim Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurwahdini Hutasuhut Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.734

Abstract

Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadist sangat penting dalam membentuk fondasi keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MIS Nurul Hidayah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melibatkan 20 siswa kelas 4 sebagai sampel. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi CTL mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran, serta membangun sikap percaya diri, kreativitas, dan kerja sama melalui kegiatan diskusi kelompok dan penggunaan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi CTL efektif dalam menciptakan pembelajaran yang relevan dan interaktif, serta memberikan rekomendasi untuk optimalisasi manajemen kelas agar hasilnya lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Andriyani, F. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Ta’lim Diniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 288–295. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.120

Arianti, A. (2019). URGENSI LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DALAM MENDORONG SISWA BELAJAR AKTIF. DIDAKTIKA, 11(1), 41. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Arlina, B. A. S. (2024). Implementasi Strategi Kontekstual pada Mata Pelajaran Fiqih di SMP Madani Marendal 1. Pendidikan Tambusai, 8, 2929–2935. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12823

Banerjee, R., Tarazi, J., & Ahli, M. J. A. (2019). Application of Contextual Teaching and Learning model through Interdisciplinary Student Projects – An approach to enhancing Accounting and IT skills. 2019 Advances in Science and Engineering Technology International Conferences (ASET), 1–8. https://doi.org/10.1109/ICASET.2019.8714444

Fadhilah, F., Effendi, Z. M., & Ridwan, R. (2021). Development of Contextual Teaching and Learning (CTL) Models in Applied Physics Courses. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(3), 364. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i3.2425

Fayakun, M. & Joko, P. (2015). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL KONTEKSTUAL (CTL) DENGAN METODEPREDICT, OBSERVE, EXPLAIN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49-58. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4003

Fitriyah, F. (2023). Optimasi Strategi Kolaborasi dalam Mengatasi Tantangan Tugas Kelompok Social Loafing Mahasiswa. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 8(1), 25–59. https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.1.25-59

Hulaimi, A. (2019). Strategi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) (Pembelajaran Melalui Tindakan). Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 4(1), 76–92. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v4i1.167

Husain, A. M., Perawironegoro, D., Yusuf, S., & Syaifussalam, M. L. (2024). Peta Perkembangan Metode Pengajaran Al-Qur’an dan Hadist untuk Anak Sekolah Dasar: Analisis Bibliometrik. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 113. https://doi.org/10.24014/potensia.v10i1.30207

Ibrahim, M. (2018). PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (REACT). Jurnal Tatsqif, 16(1), 55–77. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.133

Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 7–24. http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1401

Jariyah, F. A., Martinihani, & Nasir. (2024). Penerapan Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X.2 dalam Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 4 Maros. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 103–109. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i1.2665

Jayanti, G. S., & Rozimela, Y. (2022). Using Contextual Teaching and Learning (CTL) Strategy to Improve Students’ Writing Skill: 67th TEFLIN International Virtual Conference & the 9th ICOELT 2021 (TEFLIN ICOELT 2021), Padang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220201.020

Kristianti, D. (2020). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MELALUI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEUNOM. Jurnal Genta Mulia, 11(1), 91-103. https://doi.org/10.61290/gm.v11i1.308

Nababan, D., Panjaitan, N. S. M., & Simbolon, O. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 591–600.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV Harfa Creative.

Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. EDU PUSTAKA.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan.

Suharyono, & Fajrie, N. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Materi Bangun Datar Sederhana di SD Negeri 1 Mayahan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 413–418. https://doi.org/10.36840/ulya.v6i1.365

Supriatna, E., & Khairunnisa, I. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE DISKO ABG (Diskusi Kelompok dan Ayo Belajar Gembira) PADA MATERI PEREKONOMIAN DI INDONESIA. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 8(2), 90–100. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v8i2.244

Suryanti, S. (2019). PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA KELAS VII SMPN 7 KUNTODARUSALAM: The Application of the Discussion Method to Improve Cognitives of Class VII Students of SMPN 7 Kuntodarusalam. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 27–37. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3095

Thahir, & Suhaimi, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Pada Pembelajara Fiqih Dengan Media Pembelajaran Audio Visual Di Madrasah Tsanawiyah (MTs). JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 22(2), 271–285. https://doi.org/10.29138/lentera.v22i2.1304

Wasti, Y. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGOPTIMALKAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) SISWA KELAS VII.3 SMP NEGERI 16 BATAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(5), 1775–1794. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.903

Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y. L. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 301–308. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.941

Zulaiha, S. (2016). PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM RENCANA PEMBELAJARAN PAI MI. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 42-60. https://doi.org/10.29240/bjpi.v1i1.84

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Ananda, N., Arlina, Hakim, R., & Hutasuhut , N. (2025). Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Hidayah Medan. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.734

Issue

Section

Articles