Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Hidayah Medan
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.734Abstract
Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadist sangat penting dalam membentuk fondasi keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MIS Nurul Hidayah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melibatkan 20 siswa kelas 4 sebagai sampel. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi CTL mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran, serta membangun sikap percaya diri, kreativitas, dan kerja sama melalui kegiatan diskusi kelompok dan penggunaan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi CTL efektif dalam menciptakan pembelajaran yang relevan dan interaktif, serta memberikan rekomendasi untuk optimalisasi manajemen kelas agar hasilnya lebih maksimal.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Andriyani, F. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Ta’lim Diniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 288–295. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.120
Arianti, A. (2019). URGENSI LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF DALAM MENDORONG SISWA BELAJAR AKTIF. DIDAKTIKA, 11(1), 41. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
Arlina, B. A. S. (2024). Implementasi Strategi Kontekstual pada Mata Pelajaran Fiqih di SMP Madani Marendal 1. Pendidikan Tambusai, 8, 2929–2935. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12823
Banerjee, R., Tarazi, J., & Ahli, M. J. A. (2019). Application of Contextual Teaching and Learning model through Interdisciplinary Student Projects – An approach to enhancing Accounting and IT skills. 2019 Advances in Science and Engineering Technology International Conferences (ASET), 1–8. https://doi.org/10.1109/ICASET.2019.8714444
Fadhilah, F., Effendi, Z. M., & Ridwan, R. (2021). Development of Contextual Teaching and Learning (CTL) Models in Applied Physics Courses. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(3), 364. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i3.2425
Fayakun, M. & Joko, P. (2015). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL KONTEKSTUAL (CTL) DENGAN METODEPREDICT, OBSERVE, EXPLAIN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49-58. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4003
Fitriyah, F. (2023). Optimasi Strategi Kolaborasi dalam Mengatasi Tantangan Tugas Kelompok Social Loafing Mahasiswa. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 8(1), 25–59. https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.1.25-59
Hulaimi, A. (2019). Strategi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) (Pembelajaran Melalui Tindakan). Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 4(1), 76–92. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v4i1.167
Husain, A. M., Perawironegoro, D., Yusuf, S., & Syaifussalam, M. L. (2024). Peta Perkembangan Metode Pengajaran Al-Qur’an dan Hadist untuk Anak Sekolah Dasar: Analisis Bibliometrik. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 113. https://doi.org/10.24014/potensia.v10i1.30207
Ibrahim, M. (2018). PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL (REACT). Jurnal Tatsqif, 16(1), 55–77. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.133
Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 7–24. http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1401
Jariyah, F. A., Martinihani, & Nasir. (2024). Penerapan Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X.2 dalam Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 4 Maros. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 103–109. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i1.2665
Jayanti, G. S., & Rozimela, Y. (2022). Using Contextual Teaching and Learning (CTL) Strategy to Improve Students’ Writing Skill: 67th TEFLIN International Virtual Conference & the 9th ICOELT 2021 (TEFLIN ICOELT 2021), Padang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220201.020
Kristianti, D. (2020). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MELALUI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NEGERI 3 TEUNOM. Jurnal Genta Mulia, 11(1), 91-103. https://doi.org/10.61290/gm.v11i1.308
Nababan, D., Panjaitan, N. S. M., & Simbolon, O. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 591–600.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV Harfa Creative.
Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. EDU PUSTAKA.
Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan.
Suharyono, & Fajrie, N. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Materi Bangun Datar Sederhana di SD Negeri 1 Mayahan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 413–418. https://doi.org/10.36840/ulya.v6i1.365
Supriatna, E., & Khairunnisa, I. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE DISKO ABG (Diskusi Kelompok dan Ayo Belajar Gembira) PADA MATERI PEREKONOMIAN DI INDONESIA. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 8(2), 90–100. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v8i2.244
Suryanti, S. (2019). PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA KELAS VII SMPN 7 KUNTODARUSALAM: The Application of the Discussion Method to Improve Cognitives of Class VII Students of SMPN 7 Kuntodarusalam. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 27–37. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3095
Thahir, & Suhaimi, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Pada Pembelajara Fiqih Dengan Media Pembelajaran Audio Visual Di Madrasah Tsanawiyah (MTs). JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 22(2), 271–285. https://doi.org/10.29138/lentera.v22i2.1304
Wasti, Y. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGOPTIMALKAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) SISWA KELAS VII.3 SMP NEGERI 16 BATAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(5), 1775–1794. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.903
Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y. L. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 301–308. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.941
Zulaiha, S. (2016). PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM RENCANA PEMBELAJARAN PAI MI. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 42-60. https://doi.org/10.29240/bjpi.v1i1.84
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novia Ananda, Arlina, Rivansyah Hakim, Nurwahdini Hutasuhut

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.