Implementasi Strategi Pembelajaran Saintifik K-13 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Medan
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.789Abstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi implementasi strategi pembelajaran saintifik Kurikulum 2013 pada mata pelajaran praktik ibadah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah, yang melibatkan langkah-langkah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi saintifik menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi, terutama melalui diskusi kelompok dan kuis berbasis aplikasi Wordwall, yang memperkuat pemahaman mereka terhadap materi Sunnah Ab’ad dan Sunnah Hai’at sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Kesimpulannya, strategi saintifik efektif meningkatkan kualitas pembelajaran praktik ibadah dan memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pengajaran inovatif dalam pendidikan agama di Indonesia.
Downloads
References
Alfansyur, A. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. 5(2).
Amri Sofan, (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arlina, A. Siagian, R. A.& Thoha, M. A., & Firdaus, A. B. (2024). “Implementasi Strategi Pembelajaran Kurikulum 2013 Saintifik pada Mata Pelajaran Agama di Kelas 5 SD Kartika I-2 Medan”. Journal of Islamic Education Management, 4, 2, 386-398.
Bekti Ari Nugroho, Taufik. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik. PT. Yogyakarta.
Budiyanto, M. A. K., Waluyo, L., & Mokhtar, A. (2016). “Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran di pendidikan dasar di Malang”. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning. 13,1. 46-51.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Hanifah, (2017). “Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Membentuk Kecakapan Spiritual Siswa Kelas V”. Jurnal Tematik. 6, 4.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penamanan Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.
Maksudin. (2015) Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam Pendekatan Dialektik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Milles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurfaizah, Maisa & Karmila, Mila. (2016). “Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Saintifik Pada Mata Diklat Dasar Pola”. Fesyen Perspektif. 6,1.
Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rhosalia, Lulu Anggi. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. 1, 1.
S. Margono. (1997). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Jakarta: Rineka Cipta. Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Setiawan, Dika. (2017) “Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Journal Of Basic Education. 01, 02.
Solekhuli. (2023). “Tinjauan Keunggulan Dan Kelemahan Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sd/Mi”. Jurnal Penelitian Albidayah. 5, 2.
Suja, Wayan. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Susilana, R. (2014). “Pendekatan saintifik dalam implementasi kurikulum 2013 berdasarkan kajian teori psikologi belajar”. Edutech, 13, 2, 183-193.
Yulianto, dkk. (2018). “Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin danTanggung Jawab Siswa SD”. 13, 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Habibi Rangkuti, Indah Permata Sari Sitorus, Arlina, Najwa Ammara Jauzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.