Pentingnya Penggunaan Analisis Kebutuhan Belajar Dalam Memahami Kemampuan dan Kebutuhan Pada Pencapaian Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.813Abstract
Proses sistematis yang disebut analisis kebutuhan belajar bertujuan untuk menemukan perbedaan antara kemampuan siswa dan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pentingnya penggunaan analisis kebutuhan belajara dalam memamahi kemampuan dan kebutuhan pada pencapaian pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan peserta didik dapat membantu mengoptimalkan proses belajar. Selain itu, pemahaman ini membantu pendidik menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan teknologi dan tuntutan dunia kerja. Oleh karena itu, analisis kebutuhan belajar merupakan bagian penting dari pembangunan sumber daya manusia yang lebih mahir dan fleksibel
Downloads
References
Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Peserta Didik Terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Aulia, 6(1), 21–36. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al- aulia/article/view/189
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. 2001. The Systematic Design of Instruction. New York: Addison Wesley
Hoadley, C. M., & Kilner, P. G. (2020). Using Technology to Learn Across Contexts: Lessons from New Media Education. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5-20
Horn, M. B., Staker, H., & Christensen, C. M. (2019). Blended: Using Disruptive Innovation to Improve Schools. John Wiley & Sons
Jam, Jam Jam Jamilah Jam, and Dodi Herdiana. "Need Analysis: Pentingnya Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Program Pendidikan Sekolah Dasar." JOURNAL OF EDUCATION 1.032 (2024): 305-314.
Khasinah, S., & Elviana, E. (2022). Need Analysis dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(4), 837. https://doi.org/10.22373/jm.v12i4.17208
Magdalena, Ina, Dev, dkk. 2021. Analisis Kebutuhan Pembelajaran Tematik Di Sdn Kalideres 06 Pagi. Yasin : Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya Volume 1, Nomor 2
Morrison, G. R., Ross, S. M., & Kemp, J. E. 2011. Designing Effective Instruction. New York: Wiley Nafisah, S. 2020. Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Andi Offset.
Nazir, M. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Redaksi Guru Inovatif. 24 Juli 2023. https://guruinovatif.id/artikel/mengapa-analisis-kebutuhan- siswa-penting-dalam-pengembangan-kurikulum-dan-media-pembelajaran
Richards, J. C. (2017). Curriculum Development in Language Teaching (2nd ed.). Cambridge University Press
Rossett, A. (1987). Training Needs Assessment. Educational Technology Publications.
Salas, E., Tannenbaum, S. I., Kraiger, K., & Smith-Jentsch, K. A. (2020). The Science of Training and Development in Organizations: What Matters in Practice. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 7, 23-49
Sekolah Dasar, P., Jam Jamilah, J., & Herdiana, D. (2024). Need Analysis: Pentingnya Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Program. 1, 305–314. https://jurnaledu.com/index.php/je
Suhartono, S. 2023. Model-Model Pembelajaran Berbasis Kebutuhan. Surabaya: Unesa University Press
Sukmadinata, N.S. 2019. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muzdalifah Rohami Harahap, Meyniar Albina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.