Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi

Authors

  • Mhd. Abdullah Zikri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Asmaiwaty Arief Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rehani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.492

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar generasi tua untuk mengalihkan pengalaman pengetahuan, kecakapan dan keterampilan kepada generasi muda agar kelak menjadi manusia muslim, bertaqwa kepada Allah SWT. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum. Pendekatan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan literatur kepustakaan, dimana seluruh data diambil melaui buku, jurnal dan dokumen yang relevan dengan tema penelitian, teknik pengumpulan dala dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam diPerguruan Tinggi Umum meliputi pokok-pokok bahasan yaitu: 1)Manusia dan Agama; 2) Agama Islam; 3) Sumber ajaran Islam; 4)Kerangka Dasar Ajaran Islam; 5) Aqidah; 6) Syari’ah, Ibadah danMu’amalah; 7) Akhlaq; 8) Taqwa; 9) Ilmu Pengetahuan dalam Islam; 10) Disiplin Ilmu dalam Islam. Pendidikan Agama Islam merupakan mata kuliah dasar umum pada Perguruan Tinggi mempunyai posisi strategis dalam melakukan transmisi pengetahuan dan transmisi sikap dan perilaku mahasiswa melalui suatu proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buna’I. (2021). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Cv. Jakad Media Publishing.

Daenuri, M. A., Achadah, A., Hajar, A., & Firdaus, R. (2024). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (1 ed.). CV. Azka Pustaka.

Ismael, F., Iswantir, I., & Zulmuqim, Z. (2023). Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), Article 3.

Maskur, S., & Yusuf, ‎Said M. (2024). Belajar Metodologi Penelitan Bidang Psikologi Pendidikan dan lmu Pendidikan (Buku Ajar Mata Kuliah). PT. Indragiri Dot Com.

Muslih, H., Ulpah, G., Huda, M., Mukhlishah, M., & Muhtadin, M. (2024). Prinsip dan Karakteristik Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral (Lumen), 3(1), 216–227.

Muslimin, E., & Ruswandi, U. (2022). Tantangan, Problematika dan Peluang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i1.652

Suyanto. (2023). Metode Penelitian Hukum Pengantar Penelitian Normatif, Empiris dan Gabungan. UNIGRES PRESS.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Zikri, M. A., Arief, A., & Rehani. (2024). Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2(2), 178–184. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.492

Issue

Section

Articles