Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Aplikasi Quizizz
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.436Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam perlu dikembangkan tentunya tidak dapat dilakukan secara begitu saja tanpa acuan atau pedoman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran pendidikan agama islam berbasis aplikasi quizizz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa guru pendidikan agama islam dapat mengintegrasikan materi pendidikan agama islam dengan media pembelajaran berbasis aplikasi quizizz sehingga terjadi perubahan pada peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Hasil pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis aplikasi quizizz terbagi menjadi dua yaitu pada (1) ranah afektif, bahwa quizizz dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa serta tidak menimbulkan kebosanan, mengantuk, suasana kelas yang kondusif untuk belajar, (2) ranah psikomotorik, siswa menjadi cepat memahami materi PAI dengan cermat dan teliti, sehingga hal itu dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI di kelas.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (1 ed.). CV. Syakir Media Press.
Ahmad, H., Latif, A., & Al Yakin, A. (2021). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Assessment Pembelajaran (1 ed.). Nas Media Indonesia.
Ahmad, M. Y., & Nurjanah, S. (2016). Hubungan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Al-hikmah, 13(1), 1–17.
Arifin, M. (2020). Modul Kurikulum Dan Pembelajaran. Umsupress.
Asiyah, O. M., & Jazuli, M. F. (2022). Inovasi Pembelajaran PAI Abad 21. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v2i2.33
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Daulay, A. R., Halimah, S., & Anas, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi game quiz pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.29210/1202323205
Dermawan, D. D., Wardani, S., S, Y. K., & Pranoto. (2021). Penerapan Asesmen Hots Sekolah Dasar Menggunakan Aplikasi Quizizz. CV. Zenius Publisher.
Hardani & Dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Irawan, I. C., & Amirudin, N. (2024). Penerapan Metode Quizizz Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 7(1), 37–44.
Kamajaya, B., Hermawan, I., & Waluyo, K. E. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Quiziz Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas VIII C SMPN 7 Karawang Barat. PeTeKa, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31604/ptk.v5i3.555-562
Marlina, Wahab, A., Susidamaiyanti, Ramadana, Nikmah, S. Z., Wibowo, S. E., Indianasari, Syafruddin, Wiwin Putriawati, & Eryuni Ramdhayani. (2021). Pengembangan media pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Muthoharoh, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning di Era Digital 4.0. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v11i1.34
Nuramanah, S. A., Iwan, C. D., & Selamet, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17(1), 117. https://doi.org/10.36667/bestari.v17i1.474
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan, Pasal 1 Dan 2. (t.t.).
Prasetya, A. E. (2021). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Inovatif Dan Menyenangkan. Guepedia.
Rosmita, E., Sampe, P. D., Adji, T. P., Shufa, N. K. F., Haya, N., Isnaini, I., Taroreh, F. J. H., Wongkar, V. Y., Honandar, I. R., Rottie, R. F. I., & Safii, M. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Gita Lentera.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Sinaga, S. (2017). Problematika Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Solusinya. Jurnal WARAQAT, 2(1), 175–188.
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (6 ed.). Rineka Cipta.
Trinova, Z., & Izati, W. (2020). Media Pembelajaran. Opvie Java Padang.
Zubaidillah, Muh. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2019). Analisis Karakteristik Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Jenjang SD, SMP Dan SMA. ADDABANA Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Yeka Damayanti, Asmaiwaty Arief, Rehani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.